,

Gaungkan Nuansa Ramadan, Dekan FBE UII Membersamai Iftar di Masjid Al-Muqtashidin

Menyambut semarak bulan Ramadan 1444 Hijriyah, Masjid al Muqtashidin, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) mengadakan acara buka bersama dengan Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., selaku Dekan FBE UII pada Kamis (23/3) yang dihadiri pula oleh mahasiswa UII dari berbagai Fakultas di UII.

Kegiatan yang diselenggarakan di Masjid al Muqtashidin menjadi ajang bagi mahasiswa UII untuk menjalin silaturahmi dan mengenal dengan lebih dekat dengan Masjid al Muqtashidin FBE UII. “Ramadan pertama yang dilakukan seluruhnya secara luring dan momentum yang sudah lama tidak diadakan, dengan ini diharapkan mahasiswa terutama bagi mahasiswa baru menjadi kenal dengan Masjid al Muqtashidin FBE UII,” ujar Ragil yang merupakan salah satu panitia penyelenggara kegiatan ini.

Sesi selanjutnya diisi dengan Kajian Spesial Ramadan oleh Dekan FBE UII yang bertajuk “Mahasiswa UII yang Substantif, Inklusif, dan Kontributif”. “Diharapkan mahasiswa dapat tumbuh secara hakiki, bukan hanya rekayasa dan pertumbuhan yang didapat oleh mahasiswa selama berkuliah di UII ini merupakan pertumbuhan yang substantif, inklusif, dan kontributif dalam dampak jangka panjang,” tutur Johan, dalam sambutan yang disampaikan. 

Johan mengutarakan bahwa tradisi kajian dan iftar bersama selama bulan Ramadan ini merupakan kesempatan yang harus dimaksimalkan oleh mahasiswa UII. Hal ini didukung oleh kondisi yang membaik pasca Pandemi Covid-19, sehingga kegiatan ini dapat dilakukan secara luring. “Mari kita semarakkan masjid kampus yang kita cintai ini supaya berkah agar tidak mendapat ilmu intelektual saja, namun juga ilmu keagamaan,” paparnya.

Pada buka bersama tersebut, mahasiswa UII mendapat kesempatan untuk melontarkan pertanyaan dan berdiskusi dengan dekan FBE UII. Salah satu pertanyaan yang mengemuka datang dari Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri UII, ia menanyakan terkait bagaimana kita konsisten terhadap suatu hal yang baik dalam kehidupan sehari-hari, dan langsung ditanggapi oleh Johan dengan memaparkan beberapa persoalan serta mengaitkan persoalan dengan materi yang sudah disampaikan.

Pada akhir acara, Johan menambahkan bahwa kampus terutama fakultas mendukung kegiatan produktif yang dilakukan mahasiswa UII. “Banyak kegiatan produktif yang berlandaskan tiga nilai tadi, yaitu Substantif, Inklusif, dan Kontributif yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan ini. Fakultas akan mendukung kegiatan produktif yang dilakukan oleh mahasiswanya,” tutur Johan, dalam sesi penutup di kegiatan Kajian Spesial Ramadan hari pertama Ramadan. (NAH/SHM)