,

Milad ke 28, KOPMA FBE UII Rayakan dengan Methamorfosa XXVIII

Koperasi Mahasiswa (KOPMA) adalah sebuah Lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sesuai dengan namanya, KOPMA sepenuhnya dikelola oleh mahasiswa. UKM yang juga beranggotakan mahasiswa ini dimiliki hampir semua Universitas bahkan Fakultas di seluruh Indonesia tak terkecuali Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII).

Di era milenial yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, minat dan bakat mahasiswa harus diasah dengan baik agar tidak tenggelam dengan kompetitor dan tertinggal oleh zaman. Menjawab hal itu, KOPMA FBE UII memberikan wadah bagi para mahasiswa dan masyarakat umum sebagai pemecah dari permasalahan-permasalahan tersebut.

Bertepatan dengan perayaan hari jadinya, KOPMA FBE UII menggelar sebuah acara tahunan bertajuk Methamorfosa. Nama Methamorfosa sendiri baru muncul ketika perayaan ke dua puluh tiga. Tahun ke dua puluh delapan digelarnya kegiatan ini, KOPMA FBE UII mengisi Methamorfosa dengan 5 rangkaian kegiatan, meliputi Seminar nasional, workshop, Methaland, Bakti Sosial, Gathering.

Salah satu rangkaian kegiatan yang menarik perhatian yaitu Methaland yang menghadirkan tenant-tenant yang berasal dari UMKM milik mahasiswa maupun eksternal. Tenant yang dihadirkan menyita perhatian banyak orang dikarenakan proses dan realisasinya yang bersifat open for public “Kalau ditahun sebelumnya, sebelum Covid memang ada tenant tetapi lebih fokus ke acara seminar, namun di Metha kali ini kita mau coba sesuatu yang baru dimana tenant lebih kami fokuskan,” ungkap Khoirunnisa, Ketua Steering Commitee Methamorfosa XXVII.  

Rangkaian acara yang ada bersifat open for public guna menargetkan semua kalangan, tidak hanya kalangan mahasiswa FBE UII namun pula menyasar kalangan masyarakat umum. Hal ini menjadi alasan bahwasanya tidak menutup kemungkinan untuk mendapat antusiasme yang besar terhadap serangkaian acara yang dihadirkan. “Melihat dari rangkaian kegiatan yang pertama yaitu workshop, feedback yang kita dapatkan terbilang sudah cukup sesuai dengan yang kita harapkan. Antusiasme peserta yang hadir juga terbilang cukup baik dilihat dari peserta yang datang sesuai dengan apa yang telah terdaftar,” imbuh Khoirunnisa.

Kemudian Khoirunnisa memberikan harapannya untuk Methamorfosa selanjutnya agar lebih baik lagi dari segala hal. “Semoga di tahun depan partisipasi dari anggota KOPMA itu sendiri lebih baik lagi, target audiencenya lebih diperluas lagi, dan semoga tahun depan lebih baik dari pada tahun ini,” pungkas Nisa. (DL/SMM)