,

Ukir Prestasi di Kancah Internasional: Mahasiswa Prodi Akuntansi FBE UII Juara ERPsim Asian Pacific Japan Cup 2023

Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menutup bulan Maret 2023 dengan prestasi yang apik. Pasalnya, Tim Eagles dari Prodi Akuntansi berhasil mengharumkan nama FBE UII di tingkat internasional, yaitu sebagai Juara 1 pada kompetisi Enterprise Resource Planning Simulation (ERPsim) International Competition Asia Pacific Japan (APJ) 2023 yang diselenggarakan oleh SAP University Alliance Asia Pacific Japan. Kompetisi ini dilaksanakan selama sehari yaitu tanggal 31 Maret 2023.

Tim Eagles terdiri dari lima mahasiswa Prodi Akuntansi FBE UII, yaitu Fioren Akbar Naufal, Lestari Rezki Nurul Amalia, Feren Fitria Farsa, Rahma Alia Alisyahbana, dan Dani Malpriansyah Darmawa. Sebelum berhasil memenangkan kompetisi tersebut, di akhir tahun 2022, Tim Eagles telah memenangkan kompetisi ERPsim Rest Asia Pacific Japan Cup.

Setelah berbagai pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran serta berbekal komitmen yang kuat, kerja keras Tim Eagles terbayarkan dengan keluar sebagai juara melalui hasil company valuation tertinggi.

Tim Eagles terbentuk pada tahun 2021, berbagai macam kompetisi telah dilalui mulai dari internal universitas hingga sampai di tahap internasional. “Perasaan kami sangat senang dan puas atas perolehan prestasi ini. Usaha yang dilakukan tim ini sangat keras, kami memulai semua dari nol. Kami juga tidak langsung merasakan kemenangan dalam kompetisi, sehingga dengan kemenangan ini kami merasa bangga karena dapat mengharumkan nama baik UII khususnya Prodi Akuntansi,” pungkas Fioren. 

Feren turut menyampaikan bahwa “Kondisi yang waktu itu belum normal, kami sempat melakukan latihan secara online. Hal ini memberikan keterbatasan komunikasi dengan tim.”

“Namun, itu juga menjadi tantangan dan membentuk tim kami untuk bisa berkomunikasi lebih baik. Karena, salah satu kunci dari kemenangan kami adalah komunikasi yang baik,” tambah Rahma.

ERPsim Competition adalah simulasi bisnis gim dengan menggunakan sistem ERP-SAP. Sistem ERP-SAP digunakan untuk mengelola perusahaan. Sehingga dengan ini, mahasiswa dapat mempunyai pengalaman menjalankan perusahaan secara virtual.

Terkait permasalahan server ERPsim untuk latihan, Prodi Akuntansi UII memberikan fasilitas penuh. “Peran Prodi Akuntansi UII sangat besar bagi tim kami, keperluan server untuk ERPsim telah disediakan, sehingga tugas kita hanya fokus pada latihan,” jelas Rezki. 

Dani menambahkan “Selain dukungan materil, Prodi Akuntansi juga memberikan dukungan immaterial kepada tim kami. Ini memicu semangat kami untuk dapat memberikan yang terbaik. ”

Selanjutnya, Tim Eagles akan mempersiapkan diri untuk menjadi wakil dari Asia Pasific dalam kompetisi ERPsim internasional yaitu HEC Montreal ERPsim Laboratories yang akan diselenggarakan pada 8 Juni 2023.

Terakhir, Fioren juga berpesan untuk mahasiswa lain, “Prodi Akuntansi UII telah banyak memberikan fasilitas pada mahasiswanya, mulai dari kompetisi ERPsim dan MonsoonSIM. Manfaatkan seluruh fasilitas yang ada, selama menjadi mahasiswa jangan pernah takut untuk mencoba mengikuti kompetisi. Dengan berkompetisi dapat menjadi sarana meng-upgrade diri.” (ERF)