,

Menjalin Komunikasi serta Kolaborasi, FBE UII dan INCEIF Mengembangkan Industri Jasa Keuangan Islam Melalui Pertukaran Mahasiswa dan Beasiswa

Selasa (17/05), International Center for Education in Islamic Finance University (INCEIF) mengunjungi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) dalam rangka INCEIF Open Day 2023 yang akan diselenggarakan pada 20 Mei mendatang. November tahun lalu, INCEIF sudah terakreditasi secara internasional oleh The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama yang dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan pengalaman penelitian melalui paparan perspektif baru, sehingga kelak dapat sering berkolaborasi khususnya di bidang Islamic Finance

Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., selaku Dekan FBE UII menyambut dengan memperkenalkan FBE UII, “Kami memiliki beberapa partners di luar negeri khususnya Malaysia, seperti The ARI Universiti Teknologi MARA Malaysia, Universitas Islam Internasional Malaysia (UIAM), dan Universiti Putra Malaysia (UPM). ” Johan juga menambahkan, “Join double degree Master of Accounting di Saxion University of Applied Science menjadi pencapaian kami mengenai partnership bersama dengan universitas luar negeri. Selain itu, kami juga menjalankan program pembelajaran Enterprise Resource Planning (ERP) menggunakan System Analysis and Product in Data Processing (SAP).” 

Menjadi kali pertamanya berkunjung ke Yogyakarta, mengenalkan INCEIF yang khususnya berfokus pada Islamic Finance kepada para mahasiswa menjadi tujuan awal mengunjungi FBE UII bagi INCEIF. Tidak hanya itu, Ms. Khairun Nissa Mohd Khairuddin selaku Director of Registry and Student Services (RSS) menyampaikan, “Kami mempunyai moto ‘Daripada berkompetisi dengan universitas lainnya, lebih baik kami bekerja bersama-sama dengannya.” “Bahkan sampai sekarang pun kami tidak memiliki program sarjana, hanya fokus pada Master Programmes, Certificated Programmes, dan PhD Programmes,” tambah Khairun Nissa.

Pada pertemuan ini, INCEIF memaparkan ‘INCEIF Programmes, Admission & Scholarship’. Tertarik dengan topik utama tersebut, Drs. Dekar Urumsah, S.Si.,M.Com.(SI) menanyakan terkait beasiswa yang bisa didapatkan dari INCEIF bagi FBE UII. “Sebenarnya kami sedang dalam tahap diskusi mengenai beasiswa karena ini menjadi program yang membutuhkan biaya tidak sedikit,” jawab Khairun Nissa.

Selain program beasiswa, ada juga program lain yang akan dijalin, yaitu program join double degree atau students exchange yang bisa diikuti oleh mahasiswa semester enam ke atas. Untuk pelaksanaanya,  program akan dilaksanakan dalam kurun waktu satu semester atau empat bulan. Setelah program selesai, mahasiswa dapat kembali ke kampus masing-masing. Ada dua kriteria dalam program ini, yaitu yang dilaksanakan secara daring dan luring langsung di INCEIF.

(NARD/LWA)