,

Konferensi Pers Prodi Akuntansi FBE UII: Team Eagles Raih Juara Dunia ERP SIM

Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) kembali meraih  prestasi luar biasa dari tim mereka, Eagles, yang berhasil meraih kemenangan dalam kompetisi internasional ERP SIM. Berita membanggakan tersebut dikabarkan melalui konferensi pers yang diadakan pada Kamis (22/6) dan dihadiri oleh berbagai media.

Konferensi pers dibuka oleh Muamar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Ak., CA., dengan memperkenalkan Tim Eagles yang terdiri dari lima mahasiswa Prodi Akuntansi FBE UII, yaitu Fioren Akbar Naufal, Lestari Rezki Nurul Amalia, Feren Fitria Farsa, Rahma Alia Alisyahbana, dan Dani Malpriansyah Darmawa.

Turut hadir empat narasumber, termasuk Akbar sebagai perwakilan dari tim Eagles, Maulidyati Aisyah, S.E., M.Com.(Adv)., Dekar Urumsah, S.E., S.Si., M.Com(IS)., Ph.D., CFrA., dan Prof. Rifqi Muhammad, S.E., S.H., M.Sc., Ph.D., SAS, ASPM, konferensi pers ini mengungkapkan pencapaian dan upaya Prodi Akuntansi di FBE UII dalam mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing secara internasional.

Dekar selaku Ketua Jurusan Akuntansi turut menjelaskan terkait kerja sama dengan SAP yang dilakukan oleh Prodi Akuntansi UII sejak tahun 2006 dan menjadikan UII sebagai universitas pertama di Indonesia yang mengadopsi ERP SAP.

“Mahasiswa Akuntansi telah dilengkapi dengan daya saing internasional melalui kerja sama dengan SAP dan adopsi sertifikasi ACCA sehingga mereka dapat beradaptasi dengan teknologi,” jelas Dekar. Hal serupa juga disampaikan oleh Rifqi, dengan mengatakan, “Prodi ingin mahasiswa Akuntansi UII tidak hanya bersaing secara nasional tapi juga internasional”. 

“Tim Eagles telah terlatih untuk menganalisis data keuangan dan memecahkan masalah bisnis dengan baik,” ujar Mauli. Mauli, sebagai ketua tim pelatih ERP SIM, menjelaskan bahwa kompetisi ini melalui berbagai tahap internal yang banyak diikuti oleh mahasiswa lainnya, hingga akhirnya Tim Eagles berhasil melaju untuk bertanding secara internasional. 

Akbar turut menyampaikan rasa syukur dengan mengatakan, “Alhamdulillah, kita bisa mengharumkan nama Prodi Akuntansi UII di kancah dunia. Perjuangan yang selama ini kita lakukan mulai dari evaluasi setiap malam, menemukan solusi secara taktis, menjaga kekompakan, membagi waktu antara latihan dengan mengerjakan tugas akhir, semuanya berbuah manis,” jelas Akbar.

Salah satu media dalam konferensi pers bertanya terkait pesaing dan skor yang diraih oleh Tim Eagles selama kompetisi berlangsung. Hal tersebut langsung dijawab oleh Mauli, “Final kemaren terdapat 21 tim yang bertanding dari berbagai negara seperti, San Diego, China, Finlandia, Vietnam dan lainnya, sehingga persaingan bisa dikatakan cukup ketat”. Kompetisi terdiri dari empat ronde dan Tim Eagles selalu mendapat juara pertama di setiap ronde dengan selisih skor yang cukup signifikan dari para pesaingnya.

Tim Eagles akan pergi ke Melbourne untuk menghadiri acara SAP Academic Conference di Victoria University pada tanggal 10 hingga 14 Juli. Prestasi yang luar biasa dari tim Eagles dalam kompetisi tersebut adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi mereka. Keberhasilan mereka juga didukung oleh dukungan yang tak tergoyahkan dari Prodi Akuntansi FBE UII.

(MZH)