,

Dukung Kegiatan Pertukaran Mahasiswa: FBE UII Hadirkan Dosen dari University Kebangsaan Malaysia (UKM)

Pada Kamis (6/7), Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) mengadakan Info Session University Kebangsaan Malaysia (UKM) Exchange Programme atau sesi informasi program pertukaran mahasiswa ke UKM. Sesi informasi ini dipandu langsung oleh Istyakara Muslichah, S.E., MBA yang merupakan salah satu dosen di Program Studi Manajemen FBE UII. Kegiatan ini dihadiri secara daring oleh sekitar 40 mahasiswa dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, maupun Ekonomi Pembangunan. 

Program Pertukaran mahasiswa telah berlangsung secara rutin dan dibuka setiap semester oleh UKM. “Untuk semester ganjil, program akan dimulai pada bulan Oktober dan proses pendaftaran ditutup pada bulan Juli. Sedangkan untuk semester genap program akan dimulai pada bulan Maret yang mana pendaftarannya akan ditutup pada pertengahan Januari,” jelas Istyakara.

Saat ini UKM telah menjalin kerjasama dengan banyak universitas di dunia termasuk dengan UII. Sebagai universitas mitra, UII mendapat kesempatan untuk melakukan program pertukaran pelajar secara inbound. Keuntungannya, mahasiswa UII bisa terbebas dari biaya kuliah atau tuition fee selama menjalankan exchange programme.

“Kalau dari UKM sebetulnya syaratnya sudah menyelesaikan 2 semester untuk bisa mengikuti program ini, tetapi kalau dari Prodi Manajemen kami hanya mengakomodir untuk yang saat ini semester 4 dan 6,” tutur Istyakara. Maka dari itu, audience pada sosialisasi ini dikhususkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh semester empat dan enam aja.

Istyakara juga menjelaskan beberapa persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar Exchange Programme secara rinci. Diantaranya mahasiswa perlu menyiapkan transkrip nilai, sertifikasi bahasa inggris, surat rekomendasi dari universitas asal, pas foto, dan foto paspor yang nantinya akan diakumulasi oleh tim PIC untuk diserahkan ke pihak UKM.

Lebih lengkapnya, Istyakara menambahkan penjelasan terkait mata kuliah apa saja yang bisa diambil mahasiswa selama masa pertukaran pelajar di UKM. Spesifiknya terdapat 7 mata kuliah yang meliputi; International Economy, Social and Political Analysis in Development, Computer Applications, International Human Resources Management, International Business, International Marketing, dan Strategic Management.

Tidak sendiri, Istyakara ditemani oleh rekannya dari UKM, “Dr. Soliha Sanusi ini merupakan teman saya semasa kuliah S2 yang merupakan lecture di UKM,” tutur Istyakara. Pada akhir sesi, Dr. Soliha Sanusi juga turut menjawab beberapa pertanyaan mahasiswa terkait proses pendaftaran program pertukaran mahasiswa tersebut. 

(NIK)