,

Hari Raya Idul Adha di FBE UII: Salat, Kurban, dan Kegiatan Sosial yang Bermakna

Hari raya Idul Adha adalah hari raya terbesar kedua bagi umat Muslim. Ibadah kurban pun menjadi bagian tak terpisahkan dari hari raya Idul Adha karena pada hari tersebut umat Muslim disunnahkan untuk berkurban dengan cara menyembelih seekor kambing untuk satu orang atau sapi untuk tujuh orang. Itulah sebabnya hari raya Idul Adha disebut juga sebagai hari raya kurban. 

Tidak ketinggalan, pada Kamis (29/6) bertepatan dengan 10 Zulhijah 1444 H, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menyelenggarakan salat Idul Adha di Halaman FBE UII yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum. Adapun yang bertindak sebagai Khatib dan Imam dalam Salat Idul Adha 1444 H yaitu, Priyonggo Suseno, S.E., M.Sc., Ph.D., selaku Direktur P3EI Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII dan Aldy Maulana Ibrahim, Mahasiswa Manajemen 2019.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban sebanyak sembilan ekor kambing. “Untuk hewan yang disembelih sendiri ada sembilan ekor kambing, di mana lima ekor kambing merupakan hewan kurban dari dosen, alumni takmir, dan masyarakat umum. Sedangkan empat ekor lagi merupakan sedekah dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ekonomika dan fakultas,” tutur Yusuf Al Qardhawi selaku penanggung jawab pelaksanaan penyembelihan hewan kurban FBE UII.

Pelaksanaan pendistribusian daging kurban juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan di hari raya Idul Adha ini. “Alhamdulillah kalau distribusi ada beberapa surat permintaan yang masuk dari lembaga eksternal. Insyaallah kita distribusi dengan bantuan dari lembaga eksternal tersebut untuk disalurkan ke masyarakat umum. Kemudian kita juga terbuka untuk memberikan kepada mahasiswa yang ingin mendapatkan daging kurban,” ujar Yusuf.

Lebih lanjut, Yusuf menuturkan bahwa terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian acara Idul Adha ini, di antaranya adalah talk show dan buka puasa arafah bersama, pelaksanaan salat dan khotbah Idul Adha, penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian, serta acara Makan Bareng Dosen (MABARDOS) FBE UII. Rangkaian acara tersebut dilaksanakan mulai dari hari Rabu hingga hari Jumat.

Hari raya Idul Adha dan kurban di FBE UII tahun ini rupanya menjadi momen yang berkesan sekaligus menjadi sarana untuk mempererat hubungan antarwarga kampus dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar. “Harapan untuk Idul Adha di tahun ini, semoga rangkaian acara yang sedang berjalan sukses, diberikan berkah dan rahmat dari Allah Swt., serta lancar sampai akhir acara,” pungkas Yusuf menyampaikan harapannya.

(ADC)