,

Enam Perwakilan School of Business Universitas Ciputra Lakukan Kunjungan ke Program Studi Manajemen FBE UII

Enam perwakilan Program Studi International Business Management, School of Business and Management (SBM) Universitas Ciputra Surabaya (UC) melakukan kunjungan ke Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) di Ruang Sidang Utama 1.1 FBE UII pada Kamis (20/7). Kunjungan ini dilaksanakan dalam bentuk studi banding antara dua program studi perihal implementasi kurikulum dan model pelaksanaan tugas akhir.

Kunjungan Studi banding ini disambut hangat oleh Dekan FBE UII Johan Arifin, S.E., M. Si., Ph.D. dan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Abdul Moin, S.E., MBA., M.Res., Ph.D., CRQM. Kegiatan ini merupakan studi banding yang diadakan dalam rangka peningkatan mutu Program Studi International Business Management (IBM UC) Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari SBM UC Surabaya, seperti Dr. Tommy C. Efrata, S.E., M.Sc., CFP., QWP., Dr. Timotius Febry Christian, S.T., M.M., M.T., CSCA., CDS., Auditia Setiobudi, S.E., MBA., Deandra Vidyanata, S.AB., M.M., Yoseva Maria Pujirahayu Sumaji, S.E., M.M., MBA., dan Helena Sidharta, S.E., M.M., Ph.D., CBPA.

“Di sini kami memiliki tiga jurusan, yaitu management, accounting, dan economics. Untuk management sendiri ada S1, S2, dan S3 serta untuk Sarjana Terapan namanya Bisnis Digital,” tutur Johan saat memaparkan profil fakultas. “Kami juga memiliki beberapa program andalan yang selama ini kita jalankan, ada ERP, ACCA, ABEST, dan AUN-QA,” tutur Johan.

Lebih lanjut, Abdur Rafik, S.E., M.Sc. selaku Ketua Jurusan Manajemen  memaparkan mengenai kurikulum yang diterapkan di Program Studi S1 Manajemen. “Kurikulum yang saat ini Kami terapkan, yaitu kurikulum 2021, dimana kurikulum ini telah mengadopsi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan mengintegrasikan secara langsung konsep MBKM dengan kurikulum Kami,” ujar Rafik.

Selain itu, Rafik juga menjelaskan mengenai beberapa pilihan tugas akhir yang dapat mahasiswa ambil, seperti skripsi, magang, maupun rancang bangun bisnis. “Sejauh ini, skripsi yang paling banyak diambil oleh mahasiswa Manajemen kemudian magang dan yang terakhir rancang bangun bisnis,” jelas Rafik.

Menanggapi hal tersebut, Timotius selaku perwakilan dari UC Surabaya turut menjelaskan tentang jalur tugas akhir yang dapat diambil oleh mahasiswa UC Surabaya, berupa skripsi dan jalur publikasi. 

Acara studi banding ini diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan pihak UC Surabaya juga berharap dapat menyambut kunjungan balasan dari FBE UII di masa mendatang agar bisa lebih mempererat hubungan antara kedua belah pihak.

(NAH/ANZ)