,

Persiapkan Akreditasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Aceh Lakukan Kunjungan ke FBE UII


Guna mempersiapkan akreditasi untuk Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan dan Program Diploma Tiga Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (FEB USK) mengirimkan lima perwakilannya untuk melakukan kunjungan ke Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) yang bertempat di Ruang Sidang Utama 1.1 FBE UII pada Senin (18/9).

Kedatangan lima perwakilan ini disambut baik oleh Johan Arifin, S.E., M. Si., Ph.D. selaku Dekan FBE UII serta jajaran pimpinan FBE UII lainnya. Dalam kegiatan studi banding ini dihadiri oleh lima perwakilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, seperti Prof. Dr. Hem Fahlevi, S.E., M.Sc, Dr. Nuraini A, S.E., M.Si.Ak, Jhon Andra Asmara, S.E.Ak., M.Si, Dr. Ratna Mulyany, BACC., MSAC, dan Suazhari, S.E., M.Si.Ak.

“Sebagian besar jurusan dan program studi sudah terakreditasi internasional, namun kami masih akan mengembangkannya lagi,” tutur Johan. “Sarjana terapan sedang kami ingin internasionalisasi karena jika tidak kita masukkan tentu akan susah untuk ke depannya,” tambahnya. Selain itu juga, Johan juga ingin mengarahkan FBE UII ke research university akan tetapi tidak berjalan lancar karena sumber daya manusia yang ada masih belum mencukupi untuk ke sana.

Menanggapi hal tersebut, Jhon selaku perwakilan dari Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan (FEB USK) turut membuka topik diskusi terkait jalur tugas akhir magang dan bagaimana proses jalannya pelaksanaan magang tersebut, termasuk tugas mahasiswa selama enam bulan magang serta bagaimana output yang dihasilkan nantinya.

“Jadi ada beberapa output yang dihasilkan mahasiswa ketika magang. Kami mewajibkan mahasiswa untuk membuat Term of Reference (ToR) guna mengidentifikasi dan mendiskusikan permasalahan yang ada di industri, membuat laporan pelaksanaan magang setiap minggu yang dibimbing oleh dosen pembimbing dan supervisor,” ungkap Dra. Marfuah, M.Si., Ak. selaku Ketua Program Studi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan.

Lebih lanjut, Dra. Marfuah menjelaskan bahwa terdapat ujian magang secara lisan ketika masa ujian remediasi, di mana dosen yang menguji adalah dosen pembimbing. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan membuat laporan magang yang rencananya dapat diteruskan menjadi laporan penelitian terapan. Terakhir, mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat video kegiatan magang mengenai profil perusahaan dan aktivitas ketika pelaksanaan magang.

Harapannya, selain untuk mempersiapkan akreditasi, kunjungan ini juga dilaksanakan guna melihat penyelenggaraan kegiatan akademik pada Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi, kegiatan MBKM/Magang, kurikulum, konversi mata kuliah, serta tugas akhir mahasiswa Sarjana Terapan di FBE UII.

(MID/IA)