,

Persiapkan Mahasiswa Terjun Dunia Kerja, Manajemen FBE UII Gelar Business Insight

Program Studi Manajemen (S1) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar acara Business InsightNavigating Your Career and Internship Journey with Tesla Engineer”. Dalam kegiatan yang diselenggarakan pada Rabu (20/9) ini turut mengundang Staff Engineering Tesla Inc., yaitu Daniel Sagala. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa khususnya yang ingin mengambil jalur magang tentang internship dan bekerja dalam perusahaan skala internasional.

Kegiatan Business Insight ini dimulai pada pukul 12.30 WIB yang berlokasi di Aula Utara Kampus Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) UII. Acara dimulai dengan penyampaian profil pembicara dan dilanjutkan dengan sesi sharing. Pada sesi ini, materi sharing yang disampaikan meliputi pre-experience hingga experience langsung bekerja di Tesla Inc.

Dalam pembukaan sesi sharing, Daniel menceritakan pengalaman menjalankan studi S2 sambil melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. “Jangan terlalu berharap sama satu tempat aja. Kalau ada opsi lain yang memungkinkan, kenapa enggak?” tuturnya di awal sesi. Daniel juga menyampaikan bahwa sebelum dirinya apply ke suatu perusahaan, ia pasti melakukan research untuk mengembangkan CV miliknya. “Jangan hanya buat satu jenis CV saja, research dan develop juga CV-nya,” tambahnya. 

Daniel juga banyak berbagi tentang dunia karier dan etos apa saja yang perlu dimiliki. Ia menjelaskan bahwa bekerja di atas ekspektasi bisa memberikan impresi yang baik. Contohnya sebagai anak magang yang memiliki kemampuan bekerja setara dengan pekerja tetap bisa membuat kita mendapat kesan yang baik. “Saat kalian sudah diterima sebagai anak magang, posisikan diri kalian seperti karyawan tetap. Agar kalian bisa membuktikan bahwa kalian layak,” tegas Daniel.

Pada saat membahas tentang kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris Daniel menyinggung soal betapa pentingnya kepercayaan diri. “Selama poin yang ingin kamu sampaikan bisa tersampaikan dengan baik, kamu tidak perlu terlalu memikirkan grammarmu,” jelas Daniel. 

“Jangan insecure, use your insecurity as your opportunity to grow. Jika kamu merasa insecure pada saat kamu melakukan pekerjaanmu, maka ada jarak untuk kamu memperbaikinya. Maka kamu memiliki peluang untuk bertumbuh,” tambah Daniel pada closing statement-nya.

Sharing session dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta seminar. Total terdapat 10 peserta seminar yang secara aktif mengajukan pertanyaan. Acara ditutup dengan pemberian plakat oleh pihak prodi manajemen kepada Daniel sebagai pembicara.

(SM/NIK)