,

Berprestasi Melalui Bisnis: Mahasiswa FBE UII Raih Juara II di Talenta Wirausaha BSI Awards 2023

Perwakilan mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) mengikuti kompetisi Talenta Wirausaha BSI 2023 antar-entrepreneur yang diselenggarakan oleh Bank Syariah Indonesia Kategori Santri. Tiga mahasiswa UII, M. Irsyad Alfikri mahasiswa Program Studi Manajemen 2019, Ahmad Fauzi mahasiswa Program Studi Manajemen 2020, dan M Ihsan S. Umam mahasiswa Program Studi Informatika 2020 berhasil menoreh prestasi dengan mengalahkan ribuan peserta lainnya di seluruh Indonesia dengan meraih Juara II melalui awarding yang diselenggarakan di Pos Bloc Jakarta, 12 Oktober 2023. 

Bisnis ini berawal dari pengalaman pribadi sebagai mahasiswa di Yogyakarta sulit untuk mencari furniture kamar kost yang sesuai dengan keinginan, menjadi ide awal bisnis ini berjalan. “Sebagai perantau di Jogja ketika mencari barang untuk mengisi kamar kost kadang harga dan kualitas tidak sesuai,” ucap Irsyad. Kemudian dilanjutkan kembali, “Kami pun berinisiatif membuka jasa desain interior furniture dan make over kamar kos,” gagas Irsyad. 

Pada saat mulai berjalannya bisnis, ARTikost lebih mendekatkan kepada calon konsumen sebagai modal awal. Memperluas target pasar, ARTikost juga memiliki kerja sama dengan salah satu pemilik usaha furniture di Yogyakarta. Bisnis jasa ini pun juga menggaet tim desain sendiri dari Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Surakarta).

Dirasa penting untuk memikirkan bisnisnya jangka panjang, ARTikost mempunyai legal bisnis dari Universitas Diponegoro (UNDIP). Hingga saat ini mereka masih menerima pekerjaan by request demi menjaga cost bisnis, tetapi dalam waktu dekat ingin mencoba melalui strategi B2B dengan mendekatkan ARTikost dan para pemilik kost untuk prospek jangka panjang.

Lebih lanjut, Irsyad juga menyampaikan strategi dalam memenangkan kompetisi bisnis, “Dari segi mahasiswanya sendiri harus sudah kuat tahan banting untuk ikuti skema yang ada. Hadiah yang diperoleh dari kompetisi selalu kami salurkan lagi untuk modal bisnis.” Pemerintah sangat mendukung para mahasiswa yang ikut andil dalam kompetisi bisnis yang serupa.

Investor builder punya peran yang cukup penting untuk berkembangnya bisnis kami. Sejauh ini sudah ada banyak investor yang tertarik. Kami sudah tanda tangan LoA dengan Salim Group, bahkan ada juga investor Australia yang sangat tertarik dengan perkembangan ARTikost,” cerita Irsyad.

Tim ARTikost juga menyebutkan peran penting universitas hingga prodi dalam keberhasilan mereka, “Universitas membantu sekali dari segi balance sustain. Selalu diarahkan dan didukung terus agar kami tetap berkembang. Bahkan ketika harus keluar kota, UII sangat full support,” ungkap Irsyad. “Prodi Manajemen membopong kami dari bawah sampai juara. Selalu memberi dukungan sesuai dengan apa yang kami butuhkan,” jelas Fauzi. 

Sukses dalam berkompetisi dan berbisnis, Tim ARTikost menyampaikan pesan untuk para mahasiswa, “Jangan jadikan pencapaian orang lain sebagai tolak ukur, semua orang punya kesempatan yang sama. Terpenting adalah kerja keras jangan sampai ditinggalkan.”

(NARD)