,

Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi: Kunjungan Studi Banding FEB UNMUL ke FBE UII dan Pengembangan Kurikulum RPS

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menerima kunjungan pada Kamis (19/10). Agenda kunjungan kali ini dihadiri oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman (FEB UNMUL). Sepuluh perwakilan delegasi FEB UNMUL berniat untuk studi banding terkait kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), khususnya di Jurusan Ilmu Ekonomi. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka berbagi pengalaman, bertukar ide, dan mencari inspirasi guna meningkatkan kualitas pendidikan masing-masing instansi.

Pembahasan mengenai kurikulum dan RPS pada Magister Ilmu Ekonomi menjadi topik utama pada pertemuan kali ini. “Tahun depan Magister Ilmu Ekonomi akan diakreditasi, dimana kami mengalami kesulitan mengenai persepsi kesamaan kurikulum,” buka Dr. H. Rachmad Budi Suharto, S.E., S.H., M.Si., CHRP selaku Koordinator Program Studi S3 Ilmu Ekonomi FEB UNMUL.

“Kami banyak mengadopsi hampir 60% dari universitas lain, tetapi terdapat kondisi yang kurang sesuai dengan kami. Maka dari itu, kami berkunjung ke FBE UII terkait masalah konsentrasi di bidang ilmu,” lanjut Rachmad. Afiliasi dan kolaborasi pada bidang ilmu masih menjadi hal yang perlu diperbaiki dari pihak FEB UNMUL.

FEB UNMUL mengungkapkan rasa terbukanya dengan berbagai bentuk kerja sama dengan FBE UII, khususnya di Program Doktor dan Magister Ilmu Ekonomi. “Jika nantinya sudah ada kesepakatan, di 2024 kita bisa sharing karena kami ada kesulitan masalah guru besar terkait mengajar dan menguji eksternal,” jelas Rachmad. Pihak FEB UNMUL menaruh harapan yang besar pada pertemuan kali ini.

Menanggapi masalah yang dihadapi, Prof. Drs. Agus Widarjono, M.A., Ph.D., selaku Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Program Magister FBE UII, menjelaskan hal terpenting dalam mendapatkan akreditasi unggul selain memiliki Guru Besar dan Publikasi secara nasional maupun internasional ialah memiliki mahasiswa internasional, “Kalau Kami tidak memiliki mahasiswa internasional, mau go international itu susah. Sekarang, dalam mencapai akreditasi unggul harus go international,” ujar Agus. 

Agus juga menyampaikan terkait komitmen Program Magister Ilmu Ekonomi FBE UII dalam mempertahankan akreditasi unggul, “Guna meningkatkan perspektif Mahasiswa yang lebih luas , Kami melakukan kerjasama dengan mengontrak Dosen dari Universitas Mitra Luar Negeri guna mengajar dan membimbing pembelajaran di kurikulum kami,” pungkas Agus.

(NAH/NARD)