,

FBE UII dalam Era Digital: Mendorong Transformasi Digital untuk Dampak Berkelanjutan Melalui IBSI 2023

Sumber: freepik.com

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) dengan bangga menyelenggarakan kegiatan Mobilitas Mahasiswa Internasional, International Business Sustainability Initiative (IBSI) 2023, pada tanggal 20-21 Desember 2023. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring menggunakan platform Zoom dan mengusung tema “Digital Transformation for Sustainable Impact: Achieving SDGs in the Digital Age”.

Ketua Panitia IBSI 2023, Rizki Hamdani, S.E., M.Ak., Ak., CA, mengungkapkan, “Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat menggunakan kekuatan teknologi untuk mencapai dampak berkelanjutan yang nyata.” Ia menambahkan bahwa transformasi digital untuk dampak berkelanjutan merupakan pendekatan yang menggunakan teknologi digital untuk memajukan dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs) di era digital.

Adapun dalam konteks Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), implementasi transformasi digital melibatkan beberapa elemen penting, termasuk inovasi yang didasarkan pada teknologi, proses bisnis yang telah didigitalisasi, pendidikan dan pelatihan digital, kemitraan strategis, penilaian dampak sosial dan lingkungan, serta inklusivitas dan aksesibilitas.

Lebih lanjut, IBSI 2023 sendiri terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Webinar, Essay Competition, dan Business Plan Competition. Dalam kegiatan Webinar, akan dibahas berbagai analisis, perspektif, dan hasil riset dari para akademisi terkait isu-isu penguatan transformasi digital dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Para pembicara Webinar antara lain Assoc. Prof. Dr. Khairil Faizal Khairi dari Universiti Sains Islam Malaysia, Prof. James Ronald O. Mesina dari Mapua Malayan Colleges Laguna, Philippines, dan Prof. Rifqi Muhammad dari Universitas Islam Indonesia.

“Peserta yang terpilih sebagai finalis untuk mempresentasikan essay dan rencana bisnisnya dalam forum IBSI 2023 ini sebanyak 12 tim dari Malaysia, Filipina, dan Indonesia,” ungkap Rizki. Adapun universitas yang turut serta adalah Universitas Islam Indonesia, Universiti Sains Islam Malaysia, Mapua Malayan Colleges Laguna Philippines, dan Universiti Utara Malaysia.

Selain itu, FBE UII mengajak universitas-universitas lain sebagai mitra dalam kegiatan ini. “Pada IBSI 2023 kali ini, bergabung tiga universitas mitra sebagai co-host dari luar negeri, yaitu Universiti Sains Islam Malaysia, Mapua Malayan Colleges Laguna (Philippines), dan Universiti Utara Malaysia,” tutur Rizki menambahkan.

Kegiatan IBSI 2023 ini diharapkan memberikan pencerahan dan kontribusi ilmiah yang bermanfaat bagi dunia akademik dan dunia usaha. Selain itu, kegiatan ini dirancang agar mahasiswa FBE UII memiliki daya saing global yang tinggi dan mampu beradaptasi dengan masyarakat global dengan baik.

(ADC)