,

Tim AZHARI UII Torehkan Prestasi Internasional di Kompetisi ERPsim Asia Pasifik

Sumber: freepik.com

Tim mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan dengan menjuarai Kompetisi Enterprise Resource Planning Simulation (ERPsim) Student Competition: Rest of Asian Pacific Japan Region 2023. Tim tersebut ialah Tim AZHARI yang terdiri dari Nisa Widi Astuti, Naravastu Pradipta, Said Aqmal Rizqullah, Nurmahdi Khoirul Faiz, dan Retma Ika Suryani. Dalam kompetisi ini, tim-tim peserta harus berperan sebagai manajemen perusahaan dan mengambil keputusan-keputusan strategis untuk meningkatkan kinerja dan profitabilitas perusahaan.

“Senang dan bahagia bisa mewakili dan membawa nama UII menjadi juara 1 apalagi di jenjang internasional,” ujar Nara, salah satu anggota Tim AZHARI. Selain itu, Said yang berperan sebagai sales dalam tim juga mengungkapkan rasa senangnya karena mendapatkan pengalaman baru, khususnya di tingkat internasional.

Menurut Nara, strategi Tim AZHARI didapat dari jam terbang, trial and error, dan komunikasi yang baik antara anggota tim. Tak kalah penting, marketing juga menjadi salah satu hal krusial dalam strategi. “Marketing sendiri tergantung pada laporan penjualan, jadi antara marketing dan sales akan diskusi untuk pengambilan keputusan, apakah harganya akan diturunkan atau marketing akan ditingkatkan. Kuncinya tetap komunikasi lagi antara sales dan marketing,” ungkap Nisa, yang berperan dalam bidang marketing.

Selain strategi, faktor lain yang mendukung keberhasilan Tim AZHARI adalah bonding atau kekompakan antara anggota tim. “Sering-sering latihan secara langsung itu sudah termasuk bonding. Apalagi sebulan sebelum perlombaan kita sering kumpul, jadi bonding kita disitu,” ungkap Nisa. Lebih lanjut, Tim AZHARI juga mengatur manajemen waktu dengan baik agar tidak mengganggu kegiatan akademik mereka dengan mengatur skala prioritas.

Untuk tips lomba, Tim AZHARI memberikan beberapa saran bagi tim-tim lain yang ingin mengikuti kompetisi ERPsim. “Bisa dengan melihat pasar mana yang cocok atau potensial untuk dijual barang-barangnya,” tutur Said. “Secara general, jaga kesehatan itu yang utama dan tetap berdoa agar dapat meraih hasil yang terbaik,” imbuh Retma, yang juga berperan dalam marketing.

Tim AZHARI juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh prodi, dosen, dan fasilitas kampus. “Peran dari prodi salah satunya yang terpenting adalah kita diberikan coach yang bisa membimbing dan membawa kita bisa sampai ke juara internasional, juga dari dosen-dosen yang menyemangati kita, dan kita dapat fasilitas latihan setiap hari yang dimana itu sangat membantu kita,” ungkap Nara.

Tim AZHARI juga menyampaikan pesan dan kesan mereka setelah menjuarai kompetisi tersebut. “Semoga apa yang diinginkan bisa tercapai, jangan menyerah jika gagal, selalu masih ada kesempatan untuk menang, jadi tetap semangat dan jangan putus asa. Semoga tim kita bisa solid hingga akhir dan ke depannya bisa menjuarai perlombaan selanjutnya,” pesan Faiz.

(ADC)