,

Komitmen Merajut Kreativitas Keuangan: FBE UII Resmikan Galeri Investasi

Yogyakarta, Selasa (5/3) – Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) dengan bangga mengumumkan peresmian Galeri Investasi, sebuah sarana yang bermanfaat untuk memperluas pengetahuan dan minat mahasiswa terhadap pasar modal. Peresmian ini akan menjadi tonggak bersejarah dalam rangkaian upaya FBE UII untuk memberikan pendidikan finansial yang holistik kepada mahasiswa.

Galeri Investasi ini didirikan melalui kerjasama antara FBE UII dan support dari PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Galeri Investasi merupakan sebuah sarana yang didedikasikan untuk memberikan akses dan pengetahuan tentang dunia investasi kepada mahasiswa FBE UII. Tujuan dari pendirian Galeri Investasi ini adalah untuk meningkatkan literasi keuangan dan pemahaman pasar modal di kalangan mahasiswa dan masyarakat sekitar dalam membantu  mengembangkan keterampilan investasi yang dibutuhkan di dunia nyata.

Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) FBE UII, sebuah komunitas mahasiswa yang berfokus pada penelitian dan pengembangan di bidang pasar modal. Kolaborasi antara Galeri Investasi dan KSPM FBE UII diharapkan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar dalam mengedukasi dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi dinamika pasar modal.

Peresmian Galeri Investasi diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 5 Maret 2024 hingga 7 Maret 2024. Mengusung tema “Grow Your Mindset to Navigate the Capital Market with Confidence“, acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan untuk mengembangkan mindset yang kuat dalam menghadapi tantangan pasar modal khususnya bagi para mahasiswa.

Peresmian Galeri Investasi FBE UII dihadiri oleh Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., Dekan FBE UII, serta turut dihadiri oleh perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Yogyakarta, Bursa Efek Indonesia (IDX), dan CGS CIMB International. Acara dilanjutkan dengan berbagai workshop untuk mahasiswa dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam tentang investasi dan pasar modal kepada mahasiswa. Topik untuk workshop sesi ini antara lain membahas tentang transformasi digital pasar modal serta peluangan dan tantangan bagi investor muda, mengukuhkan kepercayaan investor melalui regulasi pasar modal yang adaptif, hingga optimalisasi portofolio di kondisi pasar yang tidak menentu.

Diselenggarakan juga berbagai kegiatan yang dihadiri oleh para praktisi-praktisi di bidang pasar modal. Secara khusus workshop dirancang untuk memberikan pemahaman praktis tentang konsep dasar-dasar perdagangan saham, materi analisis fundamental dan teknikal, serta simulasi perdagangan saham.

Puncak peresmian Galeri Investasi FBE UII menghadirkan para praktisi dan pakar di bidang pasar modal syariah dengan topik bahasan Sustainable and Responsible Investement (SRI)  dalam prespektif islam dan juga bagaimana strategi memaksimalkan kinerja investasi syariah, analisis dan peluangnya yang dikemas dalam bentuk talkshow.

Acara diharapkan dapat membuka kesempatan yang berharga untuk memperluas wawasan dan keterampilan investasi, serta menjalin kolaborasi yang berarti dalam mengembangkan literasi keuangan di kalangan generasi muda.

Dibukanya Galeri Investasi ini sebagai salah satu fasilitas baru yang ada di FBE UII selanjutnya dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan minat dan pemahaman mahasiswa terhadap investasi dan pasar modal. Melalui rangkaian acara peresmian Galeri Investasi yang komprehensif dan beragam selama tiga hari, diharapkan para mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan menyeluruh dan praktis yang akan membantu dalam merencanakan dan mengelola investasi di masa depan.

(KSPM FBE UII)