,

Kunjungan Industri SMK As-Salafiyyah Cirebon di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) mendapatkan kunjungan dari SMK As-Salafiyyah Cirebon pada Rabu (3/7). Kunjungan itu merupakan salah satu rangkaian kunjungan Industri yang diadakan oleh SMK tersebut. Peserta yang menghadiri kunjungan berjumlah kurang lebih 200 siswa yang masih duduk di bangku kelas 11 dari jurusan yang berbeda-beda dan para guru pendamping.

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para murid tentang dunia perkuliahan, khususnya di bidang bisnis dan ekonomi. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk menjalin kerjasama antara SMK As-Salafiyyah Cirebon dan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII. Kegiatan kunjungan yang dilaksanakan di dua tempat yang berbeda pada waktu bersamaan. Para siswa SMK As-Salafiyyah Cirebon berada di aula utara, sedangkan para guru dan tendik berada di ruang sidang FBE UII. 

Kegiatan para siswa di aula berlangsung mulai pukul 8.30 dengan penampilan musik oleh UKM Musik Leak FBE UII sebagai pembuka acara kemudian presentasi dari Prodi Akuntansi, Prodi Manajemen, dan Prodi Ekonomi Pembangunan. Pemaparan materi pendaftaran oleh MARCOMM menjadi penutup kegiatan sebelum para siswa melakukan campus tour, mengelilingi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia.

Para siswa berkeliling kampus FBE UII untuk melihat beragam fasilitas yang tersedia untuk para civitas FBE UII. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mencoba fasilitas-fasilitas tersebut dan menanyakan banyak hal yang berkaitan dengannya.

Di tempat lain, para guru dan tendik SMK As-Salafiyah Cirebon mengadakan sharing session bersama dengan pihak kampus di Ruang Sidang Dekanat. Pembahasan meliputi program-program pengembangan kedua pihak di bidang pendidikan dan potensi siswa, guru, maupun tendik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi di FBE UII.

Ada sebuah percakapan yang terjadi antara seorang siswa SMK tersebut dengan salah satu mahasiswa FBE UII mengenai biaya perkuliahan. “Mas, biaya kuliahmu di sini berapa?” tanya seorang siswa SMK. “200 ribu rupiah untuk pendaftaran doang karena aku salah satu penerima beasiswa yang UII berikan!” jawab salah satu Mahasiswa FBE UII. 

(HAW/FZ)