,

Milad Manajamen UII ke-76: Merajut Sejarah, Menuju Masa Depan Gemilang

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-76, Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia mengadakan acara Milad Jurusan Manajemen 2024. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juli 2024 di Hall tengah FBE dengan mengusung tema “Beyond Survival: Mewujudkan Jurusan Manajemen yang Kompetitif dan Berkelanjutan”. Acara ini dihadiri oleh dosen-dosen dari Jurusan Manajemen baik yang sudah purna tugas maupun yang masih mengabdi di FBE UII. 

Dalam pelaksanaannya, acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Manajemen, Arif Hartono, S.E., M.Ec., Ph.D. Arif menyampaikan dinamika-dinamika yang sekarang ini terjadi di dunia Pendidikan yang muncul sebagai akibat dari cepatnya perubahan dan tuntutan dari regulator, serta perkembangan teknologi. Di akhir sambutan, Arif mengucapkan “Selamat milad yang ke-76 untuk Jurusan Manajemen. Semoga kita tetap berdiri, semakin kompetitif, dan tumbuh berkelanjutan”. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dekan FBE UII, Prof. Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D. Johan menekankan kepada satu hal yang perlu dikembangkan, yaitu silaturrahim antar dosen. Dengan hal itu, dinamika-dinamika dunia pendidikan terkhusus di Jurusan Manajemen dapat diatasi bersama-sama.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai sejarah Jurusan Manajemen, nilai-nilai, dan perkembangannya yang disampaikan oleh dua purna dekan FBE UII, yaitu Drs. Syafaruddin Alwi, M.S. dan Dr. Drs. Suwarsono Muhammad, M.A. Syafaruddin menyampaikan kilas balik keterlibatan dan kontribusi dosen-dosen terdahulu yang memberikan dampak signifikan terhadap kualitas kepemimpinan yang kemudian menjadi sebab tumbuhnya kepercayaan publik kepada Jurusan Manajemen dan FBE UII secara umumnya. Di sisi lain, Suwarsono mengemukakan langkah-langkah ke depan yang perlu diambil oleh Jurusan Manajemen dalam rangka meningkatkan daya saing. Salah satunya adalah saving the soul

Selanjutnya adalah pengajian yang dipimpin oleh Dr. KH. Adzfar Ammar, MA. Salah satu nasehat beliau adalah sebuah pepatah bahasa Arab yang mengatakan bahwa ilmu itu bagaikan hewan buruan dan tulisan atau buku adalah tali pengikatnya. Maka, ikatlah buruanmu dengan ikatan yang erat. Maksudnya adalah mendokumentasi ilmu yang telah dipelajari dalam bentuk tulisan itu sangat penting sebagai upaya untuk menjaganya agar dapat bermanfaat secara berkelanjutan dan tidak hilang begitu saja.

Acara Milad Jurusan Manajemen FBE UII ke-76 semakin meriah dengan ditayangkannya video kesan dan pesan dari para alumni dan selaku pemangku kepentingan. Dalam video tersebut, ditayangkan cuplikan perjalanan Jurusan Manajemen dari setiap dekade. Drs. Asmai Ishak, M.Bus., Ph.D., salah satu dosen purna tugas, Beliau menyampaikan pesan, kepada para mahasiswa untuk “terus belajar dan berkarya, serta senantiasa menjaga nama baik Jurusan Manajemen”.

Acara Milad Jurusan Manajemen FBE UII ke-76 ditutup dengan pemberian penghargaan kepada para dosen yang telah meraih gelar Profesor, yaitu Prof. Dr. Zaenal Arifin, M.Si., Prof. Dr. Drs. Sutrisno, MM, dan Prof. Drs. Anas Hidayat, MBA., Ph.D. Milad Jurusan Manajemen FBE UII ke-76 menjadi momen penting untuk mengenang sejarah, merayakan pencapaian, dan merajut masa depan. Dengan semangat “Beyond Survival: Mewujudkan Jurusan Manajemen yang Kompetitif dan Berkelanjutan”, Jurusan Manajemen FBE UII berkomitmen untuk terus berkarya dan melahirkan generasi pemimpin masa depan yang unggul.

(YSH/FR)