,

Revolusi Penulisan Ilmiah: Bagaimana AI Mengubah Cara Menulis dan Meneliti

Senin (08/07), Fakultas Bisnis dan Ekonomika mengadakan workshop yang bertemakan Pemanfaatan AI Dalam Penulisan Ilmiah. Workshop ini diisi oleh Dr. Eng. Ir. Sunu Wibirama, S.T., M.Eng., IPM, akademisi dari Universitas Gadjah Mada dan dipandu oleh Dr. Aditya Pandu Wicaksono, S.E., M.Ak., Ak., CA . Workshop ini merupakan salah satu rangkaian acara MILAD UII yang ke-81. Acara dibuka dengan sambutan dari panitia MILAD UII, Rizki Hamdani, S.E, M. Ak, Ak., CA. serta Drs. Achmad Tohirin, MA., Ph.D. selaku wakil dekan bidang keagamaan, kemahasiswaan dan alumni, menggantikan dekan yang berhalangan hadir pada  saat itu.  

Dr. Sunu membuka sesi pemaparan dengan menjelaskan apa itu artificial intelligence secara umum serta bagaimana AI beroperasi. Beliau juga menyampaikan keresahan dosen-dosen tentang penggunaan AI di kalangan mahasiswa, namun beliau meyakinkan bahwa sampai kapanpun AI tidak akan bisa menggantikan pekerjaan manusia. Selanjutnya, masuk ke dalam materi utama yaitu penggunaan AI dalam penulisan dan riset ilmiah. Dalam penulisan ilmiah, AI dapat digunakan untuk menyarankan dan mengumpulkan sumber data, menerjemahkan bahasa asing dan meningkatkan kemampuan menulis serta memformat ulang tulisan.

“Dengan melakukan riset, kita dapat berkontribusi ke masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, ditambah dengan AI sebagai mesin pencari referensi dan data yang mumpuni” ucap Dr. Sunu. Namun, kembali lagi, kita juga harus improve wawasan kita supaya dapat memvalidasi hasil dari AI agar hasil riset tetap akurat. Beliau melakukan demonstrasi cara penggunaan AI Research Rabbit untuk mencari makalah dan referensi secara mendalam. 

Terakhir, Dr. Sunu membuka sesi tanya-jawab dengan audiens. Beberapa dari audiens juga sangat antusias dalam bertanya. Workshop ditutup dengan penyerahan merchandise untuk audiens yang bertanya dan foto bersama.

(NRA/PW)