Program Studi Akuntansi Program Sarjana

Jurusan Akuntansi

Selamat datang mahasiswa baru Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII).

Saat ini Anda telah memulai mengukir masa depan dan menempa kepribadian dengan menempuh program sarjana di Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE). Mari kenali Program Studi Akuntansi lebih dalam. Program Studi S1 Akuntansi FBE UII telah meraih akreditasi UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional  – Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi Akuntansi UII telah mengembangkan kurikulum terkini dengan mengedepankan keunggulan ke-Islaman, keunggulan teknologi, dan keunggulan kewirausahaan yang diharapkan akan mampu melahirkan i-technopreneur accountant.

Selama studi di Program Studi S1 Akuntansi FBE UII, mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti berbagai program peningkatan pengetahuan dan kemampuan akuntansi yang ada di Program Studi S1 Akuntansi FBE UII. Pertama, ERP Competence Center (ERP-CC) menyediakan pembelajaran integrasi bisnis berbasis teknologi dengan menggunakan software ERP-SAP. Selain itu, ERP-CC juga mengelola mahasiswa untuk terlibat dalam kompetisi simulasi akuntansi dan bisnis yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun seperti ERP-Sim Asia Pasific Japan (APJ) Cup, HEC Montreal ERP International Competition, dan MonsoonSIM National and International Competition. Melalui ERP-CC, mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi telah meraih berbagai capaian prestasi Internasional dalam berbagai kompetisi tersebut.

Kedua, ACCA (Association of Chartered Certified Accountants)–UII. Program Studi S1 Akuntansi telah mendapatkan Akreditasi dari ACCA sejak tahun 2016. Akreditasi tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi dari ACCA yang merupakan sertifikasi kualifikasi akuntansi bertaraf internasional. ACCA memberikan kesempatan kepada mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi untuk dapat bergabung dengan 233.000 members ACCA dan 536.000 future members ACCA yang tersebar di 178 negara di Dunia. Selain itu, Program Studi S1 Akuntansi UII juga telah menjadi salah satu test center ACCA di Indonesia. Melalui ACCA ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan memperoleh sertifikasi diploma dan advance diploma in ACCA serta dual degree Bachelor of Science (B.Sc) in Applied Accounting dari Oxford Brook University, United Kingdom.

Ketiga, Pusat Studi Akuntansi Forensik (PSAF) menyediakan pelatihan dan pengembangan kompetensi di bidang akuntansi forensik. PSAF bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Forensik (LSPAF) dan mendapatkan izin untuk menyelenggarakan pelatihan auditor forensic dan selanjutnya dapat mengikuti sertifikasi Certified Fraud Auditor (CFrA).

Keempat, Pusat Studi Perpajakan menyediakan program-program untuk mengembangkan ilmu dan kompetensi di bidang perpajakan. Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan dan program dari unit ini di bidang perpajakan seperti kuliah umum, seminar, training, dan Brevet Pajak A dan B.

Kelima, Pusat Studi Akuntansi Syariah (PSAS) merupakan bentuk komitmen Program Studi Akuntansi FBE UII untuk merespon perkembangan akuntansi syariah di level nasional maupun internasional. PSAS mengembangkan aktivitas pengembangan kurikulum, penelitian, maupun penyiapan SDM melalui pelatihan dalam bidang ekonomi, keuangan, dan akuntansi syariah. Terakhir, Pusat Studi Akuntansi Sektor Publik (PSASP) merupakan unit yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi keilmuan dan keterampilan di bidang akuntansi sektor publik. PSAP telah bekerja sama dengan berbagai pemerintah daerah untuk mengembangkan dan memberikan bimbingan teknis mengenai e-government.

Selain itu, upaya berkelanjutan juga terus dilakukan oleh Program Studi Akuntansi FBE UII untuk meningkatkan jejaring kemitraan baik di lingkup nasional maupun global, seperti kerja sama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), kerja sama dengan lembaga Certified Practising Accountant (CPA) Australia dan  Institute of Chartered Accountants in England and Wales  (ICAEW), Institute of Certified Management Accountant (ICMA Australia), serta mengembangkan kolaborasi pengajaran, penelitian, program gelar ganda, dan juga pertukaran mahasiswa dengan berbagai universitas ternama seperti University of Queensland (Australia), Nanjing Xiaozhuang University (Tiongkok), SolBridge International School of Business (South Korea), Saxion University of Applied Sciences (Belanda), dan University of Gloucestershire (United Kingdom).

Akreditasi

BAN-PT: UNGGUL

Strata Program

Sarjana (S1)

Gelar

S.Ak.

Durasi Studi

8 semester
(perkiraan – full time)

© Hak Cipta 2021 - Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia | Konten dimutakhirkan 18 November 2021