Program Studi Manajemen Program Sarjana

Jurusan Manajemen

Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia memperoleh status ”Terdaftar” pada 19 November 1962 dan status ”Diakui” pada 14 Desember 1962. Berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 674/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018,  akreditasi Prodi Manajemen adalah peringkat ”A” Pencapaian akreditasi ”unggul” di peroleh program Studi Manajemen pada tanggal 6 Juni 2021 melalui SK BAN PT No. 8790/SK/BAN-PT/AK-ISK/S//VI/2021. Program Studi Manajemen juga memperoleh akreditasi internasional ABEST 21 pada tanggal 1 April 2021.

Prodi Manajemen FBE UII merupakan program pendidikan unggulan dalam bidang ilmu bisnis dan ekonomika. Pengembangan kurikulum dan perkuliahan di Prodi Manajemen dikembangkan sejalan dengan komitmen kuat UII untuk terus mendorong kemajuan yang berkelanjutan dengan tetap berpedoman pada standar kualitas pendidikan di tingkat nasional dan internasional, memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan pengguna lulusan, serta dinamika lingkungan bisnis dan ekonomi di dunia. Arah pengembangan Prodi Manajemen di masa mendatang ditujukan agar menjadi Prodi unggulan dan profesional tidak saja pada tingkat lokal, yang dibangun di atas pondasi yang utuh (heart, head, and hand) dengan melandaskan pada keunikan program yang dibimbing oleh nilai-nilai Islam tetapi juga ditujukan untuk pengembangan Prodi agar dikenal di tingkat internasional melalui international recognition atau international accreditation.

Prodi Manajemen menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia (Program Reguler) maupun Bahasa Inggris (Program Internasional).  International Program (IP) FBE UII merupakan program pendidikan Strata-1 Manajemen pertama di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1996. IP FBE UII menyelenggarakan  seluruh  proses belajar mengajar  menggunakan Bahasa Inggris dengan metode pengajaran bertaraf internasional. Meskipun demikian, penyelenggaraan program internasional ini tetap berpedoman pada Kurikulum Nasional yang telah ditetapkan oleh  Kementerian  Dikbud-Ristek  RI. Misi didirikannya IP FBE  adalah menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional menuju universitas kelas dunia. Dengan mengusung tagline ”nurturing innovative global leader” IP FBE mempersiapkan  lulusan yang memiliki lima  dasar karakter yaitu – kompetensi keilmuan, kepemimpinan inovatif, bakat kewirausahaan, kompetensi keterampilan, dan pengalaman global.

Untuk mewujudkan misi tersebut,  IP FBE UII  telah  mendesain program pendidikannya dengan  kurikulum berstandar internasional, dan menyiapkan program-program ko-kurikuler unggulan seperti Bridging Program, Outbound Management Training 1 dan 2, Speak Up with Native, dan International Student Mobility. Program-program    tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan lulusan agar memiliki charracter building  yang kuat dalam hal penguasaan soft skill dan wawasan global. Lebih dari itu  IP FBE UII telah menyelenggarakan kerjasama Student Exchange dan  Double Degree  dengan universitas mitra di luar negeri. Program student exchange memberi kesempatan mahasiswa untuk menempuh kuliah satu semester di luar negeri. Sedangkan pada program Double Degree, setelah menempuh 4 semester pertama di UII, mahasiswa  dapat  melanjutkan semester ke-5 sampai selesai di luar negeri dan akan memperoleh dua ijazah sekaligus.

Adapun universitas-universitas mitra tersebut adalah University of Queensland, Australia; Saxion University of Applied Science, Belanda;  University of  Gloucerstershire, United Kingdom;  Nanjing University, China; SolBridge International School of Business Woosong University, Korea, dan University Sains Islam Malaysia. Penyelenggaraan berbagai kerjasama internasional ini dimaksudkan dalam rangka membangun “education network” untuk  mempersiapkan mahasiswa menjadi “long life learner” dan berwawasan global.  Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, IP FBE UII telah melahirkan alumni  yang tersebar di berbagai negara.

Akreditasi

BAN-PT: UNGGUL

Internasional: ABEST21, Jepang

Strata Program

Sarjana (S1)

Gelar

S.M.

Durasi Studi

8 semester
(perkiraan – full time)

© Hak Cipta 2021 - Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia | Konten dimutakhirkan 18 November 2021