2014.06.21. mou fe uii dengan iapiKeberadaan akuntan publik saat ini telah menjadi sebuah keniscaayaan, dimana hampir disemua bentuk aktivitas membutuhkannya. Kondisi ini sangat terbalik bila melihat bagaimana masih terbatasnya  jumlah akuntan publik di Indonesia, begitu juga dengan keberadaan kantor akuntan publik yang jumlahnya juga masih sangatlah kecil.

Merespon hal ini, Fakultas Ekonomi UII bersepakat menjalin kerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), guna pengembangan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia serta profesi akuntan publik. Kesepakatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Dekan Fakultas Ekonomi UII, Dr. Drs. Agus Harjito, M.Si dan Ketua IAPI, Tarko Sunaryo, CPA. Setelahnya juga dilaksanakan peluncuran Pusat Tes Sertifikasi Akuntan Publik (Test Center Certified Public Accountant) di Gedung Fakultas Ekonomi UII, pada Sabtu (21/6).

Bagi Fakultas Ekonomi UII seperti disampaikan Dr. Drs. Agus Harjito, M.Si, melalui kerjasma yang dijalin diharapkan dapat meluluskan akuntan yang tersertifikasi. Terlebih Fakultas Ekonomi UII sendiri juga telah lama memlilki program profesi akuntansi. Sehingga dengan adanya kerjasama ini pastinya akan semakin melengkapi.

Dr. Drs. Agus Harjito, M.Si. menambahkan, Fakultas ekonomi UII pada dasarnya juga telah menggalakkan sertfikasi bagi mahasiswanya. Seperti pada Program Studi Manajemen terdapat certified finacial trainer. Melalui langkah ini harapannya cita-cita FE UII untuk go international akan lebih mudah dicapai.

2014.06.21. mou fe uii dengan iapi-1Senada, Ketua IAPI Tarko Sunaryo, CPA., mengatakan keberadaan profesi akuntan publik sangatlah penting dan bahkan menurutnya haruslah ada. Di Indonesia sendiri mulai dari Pemilihan Presiden, Pemilihan Legislatif, Pemilihan Kepala Daerah sampai dengan emiten memerlukan jasa dari profesi akuntan publik. Kebutuhan akan keberadaan profesi akuntan publik yang begitu besar menurutnya merupakan peluang, terlebih akan diberlakukannya Asean Economic Community sehingga pasar juga semakin luas.

Lebih lanjut disampaikan Tarko Sunaryo, CPA, dengan adanya Test Center Certified Public Accountant (CPA) di  Kampus FE UII akan memberikan kemudahan, para peserta di Yogyakarta tidak perlu lagi ke Jakarta untuk melakukan tes.

“Pendaftaran dapat dilakukan melalui layanan online yakni segala dokumen dapat di upload termasuk ketika mau memilih kapan ujiannya dan mata ujiannya yang mau diikuti. Kemudahan yang lain peserta dapat menentukan kapan waktu ujian yang diinginkan,” paparnya.

Tarko Sunaryo, CPA. berharap melalui penandatanganan MoU dapat saling memberikan manfaat baik bagi IAPI, Asosiasi dan UII dalam memeberikan kontribusinya bagi profesi akuntan publik di Indonesia. “IAPI mulai kepengurusan saat ini agresif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk universitas. Hal ini didasari universitas merupakan pemasok SDM pada profesi akuntan publik,” ujarnya.