IMG_0113Syawalan atau halal bi halal merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat muslim di bulan syawal dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri. Begitu juga yang dilakukan oleh ratusan keluarga besar Fakultas Ekonomi UII yang hadir dalam acara Syawalan Keluarga Besar FE UII pada Sabtu, 9 Agustus 2014 bertepatan dengan 13 syawal 1435 H. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen, karyawan, pensiunan pegawai beserta keluarga, dan perwakilan rekanan Fakultas Ekonomi UII.

Selain menjadi ajang silaturahmi, acara syawalani ini dimaknai sebagai media untuk merekatkan persatuan civitas akademika FE UII dalam kepemimpinan periode 2014-2018. Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Dwipraptono Agus Harjito, M.Si. dalam sambutannya memohon doa dan dukungan seluruh civitas akademika agar secara bersama-sama mampu menjadikan Fakultas Ekonomi menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. “Saya mohon seluruh civitas akademika turut mendukung dan membantu pimpinan-pimpinan program maupun pimpinan fakultas agar dapat melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya”, ungkap Agus.

Syawalan kali ini juga diisi dengan acara pengajian oleh seorang motivator, da`i sekaligus Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam UII, Drs. Imam Mudjiono, M.Ag. Menurut Imam, kita sebagai umat muslim hendaknya meneruskan kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan selama bulan Romadhon di bulan-bulan berikutnya dengan tetap berbuat kebaikan. Imam mencontohkan, misalnya ketika menjadi pemimpin, maka hendaknya kita menjadi pemimpin yang penuh kebaikan dengan mengadopsi gaya kepemimpinan profetik (yang dicontohkan para nabi –red) dan menyenangkan hati orang-orang yang dipimpinnya.

Imam juga menjelaskan bahwa menjaga diri untuk selalu berbuat baik juga dapat menghindarkan kita agar tidak melukai hati orang lain. Menurutnya, melukai hati orang lain akan menghilangkan berkah Allah kepada kita. “Kita harus selalu berpikir tentang kebaikan, karena apa yang kita pikirkan bisa terwujud dalam tindakan. Untuk itu, marilah jaga pikiran kita dengan kebaikan agar segala tindakan kita jauh dari keburukan”, jelas Imam. Imam juga menambahkan bahwa berpikir tentang kebaikan juga dapat memotivasi kita untuk tetap sabar dalam menghadapi cobaan dan tetap menjaga semangat untuk meraih kesuksesan.

Pada syawalan kali ini, Fakultas Ekonomi juga melakukan pelepasan calon jamaah haji, yakni Dra. Primanita Setyono, MBA., Ak. beserta suami. Semoga ibadah haji yang dilakukan pada bulan Zulhijah yang akan datang tersebut berjalan lancar dan kedua calon jamaah dapat menjadi haji yang mabrur. Acara syawalan tahun ini ditutup dengan tradisi bersalam-salaman dan ramah tamah.