2014.11.22.pelantikan ikad3 (2)Keberadaan organisasi ikatan alumni di sebuah lembaga pendidikan, khususnya di perguruan tinggi dinilai sangat penting. Selain menjadi media silaturrahmi dan komunikasi di antara para alumni, ikatan alumni juga berfungsi menghimpun potensi-potensi yang dimiliki oleh para alumni yang dapat diarahkan bagi kemajuan baik fakultas maupun prodi. Dengan mendapat perhatian dan dirangkul untuk bergabung dalam ikatan alumni, mereka pun merasa dihargai sehingga akan memberikan kontribusinya bagi almamater yang dicintainya. Fungsi-fungsi inilah yang menyebabkan organisasi tersebut layak disebut sebagai wadah pemersatu para alumni usai menamatkan pendidikan formal di kampus.

Sebagaimana tergambar dalam acara pelantikan pengurus Ikatan Alumni Diploma Tiga (IKAD3), Fakultas Ekonomi UII yang diadakan di Gedung D3 FE UII, Sabtu (22/11). IKAD3 merupakan wadah bagi para alumni program D3 FE UII yang berasal dari berbagai jurusan dan angkatan seperti Akuntansi, Perbankan, dan Manajemen yang dihimpun sejak program ini pertama kali meluluskan mahasiswa. Hingga saat ini, tercatat Program D3 FE UII telah meluluskan mahasiswa sebanyak 2.645 orang yang tersebar di berbagai bidang lapangan kerja. Pembentukan IKAD3 sendiri baru pertama kali diinisiasi pada tahun ini sehingga ini merupakan kepengurusan pertama atau pioneer yang membidani lahirnya organisasi tersebut.

Terpilih sebagai Ketua IKAD3 FE UII yang baru saja dilantik adalah Arif Santoso, alumni D3 Akuntansi tahun 1998, sedangkan Wakil Sekretaris diamanahkan kepada Muzariyantomi, alumni D3 Manajamen 1998, Sekretaris dijabat oleh Mono Nanang, Manajemen 1999 dan posisi Bendahara dipegang oleh Rahmi Inayati, Akuntansi 1999. Susunan kepengurusan ini diagendakan memiliki masa kerja selama 3 tahun.

Arif Santoso dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kontribusi para panitia inti yang telah bekerja secara intens untuk menginisiasi pembentukan IKAD3 FE UII. ”Tidak mudah menyatukan teman-teman alumni yang sekarang sudah sangat sibuk dengan urusannya masing-masing, namun alhamdulillah semuanya dapat terwujud”, ungkapnya.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa kepengurusan pertama ini sebagai pondasi yang dapat dijadikan pijakan bagi aktivitas organisasi di tahun-tahun berikutnya. Hal tersebut juga diamini oleh Wakil Ketua, Muzariyantomi yang berharap agar IKAD3 FE UII segera fokus melaksanakan beberapa program kerja rintisan. Beberapa proker yang ingin segera digulirkan, seperti membangun database alumni D3 FE UII dan membentuk koperasi sebagai wadah aktivitas ekonomi anggota.

Sementara Ketua Program D3 FE UII, Dra. Nur Fauziah, MM selain mengapresiasi kerja keras panitia, juga menggarisbawahi peran ikatan alumni dalam memperkuat akreditasi prodi. ”Ke depan semoga susunan kepengurusan IKAD3 dapat menjangkau hingga tingkat prodi yang ada di lingkungan D3 FE UII sehingga turut berkontribusi ketika dilakukan akreditasi”, pungkasnya.