DSC_0068Topik ini menjadi bahasan utama dalam kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Divisi Pemasaran dan Admisi, Direktorat Pemasaran, Kerjasama dan Alumni (DPKA) Universitas Islam Indonesia. Workshop yang bertajuk “Optimalisasi Digital Marketing & Public Relations dalam Komunikasi Pemasaran Perguruan Tinggi” ini diselenggarakan pada hari Sabtu (15/11) di Gedung Mohammad Hatta, Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia. Acara pelatihan yang diikuti oleh perwakilan dosen, staf dan mahasiswa anggota tim promosi fakultas dimulai pada pukul 08.30 WIB dan resmi dibuka oleh Wakil Rektor III, Dr. Abdul Jamil, SH, MH.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III menyampaikan bahwa sebesar apapun suatu institusi harus terus melaksanakan program komunikasi pemasaran, diantaranya dengan meningkatkan peran humas dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital. Ia juga menegaskan tentang pentingnya memiliki koordinasi yang terpadu dalam menjalankan program komunikasi pemasaran di UII. “Setiap fakultas nantinya akan memiliki unit atau tim yang secara khusus melaksanakan fungsi humas dan pemasaran dan akan berkoordinasi dengan Dithumas dan DPKA yang ada di universitas,” terang Dr. Abdul Jamil.

Workshop kali ini menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Dimas Novriandi (General Manager XM Gravity Indonesia), Hangga Fathana SIP, BIntSt, MA (Direktur Humas UII), dan Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch, Ph.D (Direktur International Program UII).

Dimas Novriandi menjelaskan tentang konsep pemasaran digital dan berbagai indikator penting untuk mengukur efektifitas strategi pemasaran digital yang dijalankan oleh suatu institusi. “Semakin banyak orang yang mengakses media sosial setiap harinya, sehingga pemasaran digital, khususnya melalui sosial media menjadi penting untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya”, papar Dimas, yang juga merupakan alumni UII angkatan 1999 dan kini memimpin perusahaan konsultan pemasaran digital terbesar di Indonesia.

Sementara narasumber kedua, Hangga Fathana, menyampaikan paparan mengenai peran hubungan masyarakat dan rencana pengembangan fungsi humas terpadu di UII. Narasumber yang terakhir, Wiryono Raharjo, membahas tentang pentingnya bagi tim promosi untuk memahami product knowledge UII secara menyeluruh dan bagaimana perguruan tinggi, khususnya UII, harus bersiap untuk menghadapi tantangan globalisasi pendidikan.

Kepala Divisi Pemasaran dan Admisi, Sigit Pamungkas, SE, MCom dalam keterangannya menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini merupakan salah satu program kerja DPKA untuk peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan tim promosi di lingkungan UII. “Nantinya akan ada koordinasi rutin dan lebih banyak program capacity building yang akan kita adakan untuk tim komunikasi pemasaran UII. Kegiatan semacam ini penting untuk menguatkan koordinasi dan meningkatkan kesiapan kita dalam melaksanakan komunikasi pemasaran yang terpadu”, terang Sigit.