IMG_2161ERP (Axapta, Oracle ERP, dan SAP) adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan proses setiap line dalam manajemen perusahaan secara transparansi dan memiliki akuntabilitas yang cukup tinggi. Sistem yang mampu meminimalisasi silo dalam setiap unit bisnis dalam suatu perusahaan. Hal tersebut menjadi dasar perusahaan agar mampu mengikuti perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.  Salah satu pengguna dari sistem ini merupakan perusahaan BUMN terkemuka yaitu Garuda Indonesia Tbk. Ibarat roda yang terus berputar saat ini Garuda sedang berada pada posisi teratas pada rotasi tersebut.  Hal ini dapat dicapai bukan karena berputar sendiri roda tersebut melainkan karena diputar oleh manajemen yang saling terintegrasi. Sehingga, wajar jika Garuda Indonesia Tbk sangat menikmati posisi saat ini.

Prodi Manajemen Universitas Islam Indonesia mengadakan kegiatan rutin yaitu Studium Generale yang pada kesempatan kali ini mengundang salah satu praktisi dari Garuda Indonesia Tbk. yaitu Darma Setiawan (IT ERP Analyst PT. Garuda Indonesia Tbk.). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 06 Desember 2014. Kegiatan ini dibuka oleh Siti Nursyamsiah (Sekretaris Prodi Manajemen FE UII). Beliau mengatakan, “Banyak perusahaan yang mengimplementasi ERP sehingga FE UII memasukkan ERP kedalam kurikulum perkuliahan (ERP-SAP)”. Moderator pada acara ini adalah Arif Singapurwoko (Direktur ERP-SAP Prodi Manajemen FE UII).

IMG_2193Bahasan tentang ERP tentunya sangat menarik jika melihat perkembangan lingkungan bisnis saat ini, hal ini yang sedikit dibawakan oleh Darma Setiawan dalam Studium Generale kali ini. Beliau menjelaskan bagaimana Teknologi Informasi dan Transformasi Budaya Kerja setelah penerapan ERP-SAP pada Garuda Indonesia Tbk. Bermula dari Pramugara beliau secara berkelanjutan menjabat sebagai SAP Analyst khususnya pada bidang Human Capital (HC) Analyst. “ERP sangat penting bagi perusahaan dalam kondisi global saat ini, mulai dari modul lengkap yang terintegrasi, hingga mampu membuat perusahaan sangat adaptif”, sedikit pernyataan dari beliau. Selain itu mengapa Studium Generale kali ini sangat menarik untuk diikuti oleh mahasiswa adalah ERP-SAP memberikan kesempatan bagi fresh graduate akan kebutuhan SDM SAP di Indonesia mencapai 20.000 tenaga kerja per tahunnya.

Diakhir acara beliau sedikit banyak membahas tentang praktik penggunaan modul SAP-HC pada Garuda Indonesia Tbk. Contoh produk yang dihasilkan seperti memudahkan rekrutmen pegawai dengan e-recruitment, HC Online (Cuti bagi pegawai), Performance Management dan sebagainya. Kemampuan Garuda Indonesia Tbk dalam mengimplementasikan ERP-SAP menjadi kunci sukses dalam capaian menjadi no.1 dalam Global Team. Menyambung dengan kepentingan mahasiswa, diharapkan mampu untuk memiliki kompetensi dalam bidang ERP-SAP dengan semakin banyaknya peluang akan kebutuhan profesional ERP-SAP di Indonesia.