2014.12.02. uii selenggarakan odiexPerkembangan arus globalisasi dan teknologi informasi menuntut perguruan tinggi untuk tidak hanya mampu menghasilkan lulusan terbaik yang bermanfaat bagi masyarakat. Dalam era persaingan yang semakin ketat dan terbuka, perguruan tinggi didorong lebih proaktif mengembangkan penelitian dan memperkuat ragam produk inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa. Selain itu, perguruan tinggi juga berperan penting menjadi ruang edukasi yang tidak hanya terbatas bagi civitas akademika, namun juga bagi masyarakat luas.

Demikian disampaikan Sigit Pamungkas, Kepala Divisi Pemasaran dan Admisi Universitas Islam Indonesia (UII), berkenaan akan diselenggarakannya UII Open Day & Innovation Expo (ODIEX) 8-11 Desember 2014 di Kampus Terpadu UII, dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Prof. Ace Partadiredja, Kampus FE UII, Selasa (2/12). “Didorong semangat tersebut, UII ODIEX digelar untuk menampilkan berbagai produk inovasi hasil karya civitas akademika UII,” ungkap Sigit yang juga menjadi Ketua Panitia UII ODIEX 2014.

Dikatakan, beberapa hasil karya inovasi yang akan dipamerkan di antaranya adalah mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII. Inovasi ini memiliki kelebihan dibandingan dengan mobil listrik lain yaitu kendali utamanya menggunakan sistem operasi Android yang saat ini banyak digunakan untuk smartphone. Turut dipamerkan inovasi lainnya seperti Mobile Shelter, Alat Permainan Edukatif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Aplikasi Celengan Limbah (CELI) yang menjuarai OSN Pertamina, dan berbagai hasil karya inovasi lainnya.

“Semua hasil inovasi yang dipamerkan merupakan karya penelitian yang dimiliki oleh seluruh fakultas dan program studi. Untuk mendukung pameran tersebut juga akan digelar stan expo kewirausahaan mahasiswa, mitra industri dan desa binaan UII” ungkap Sigit.

Ditambahkan Sigit Pamungkas, berbagai kegiatan pendukung telah disiapkan untuk menyemarakkan pelaksanaan pameran inovasi dan Open Day. Beberapa di antaranya seperti bursa kerja (job fair), panggung kreasi seni, konferensi akademik, hingga seminar nasional. “Kegiatan pendukung lainnya yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas adalah konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis bersama Rumah Sakit JIH selama UII ODIEX 2014 berlangsung” ungkap Sigit menutup acara jumpa pers.

Sementara itu, Direktur Direktorat Humas UII Hangga Fathana menyampaikan, selain pameran karya inovasi juga akan diselenggarakan Open Day berupa stan informasi pendidikan UII. “Open Day memberikan kesempatan bagi masyarakat umum mengenal lebih dekat keunggulan UII melalui konsultasi studi semua program studi, hingga kunjungan ke museum UII dan candi kimpulan”, ungkap Hangga.

Ditambahkan, selama UII ODIEX 2014 berlangsung juga akan diselenggarakan open course dimana masyarakat umum dan calon mahasiswa dapat ikut hadir dalam kelas-kelas kuliah maupun praktik laboratorium berbagai program studi yang telah dijadwalkan. “Ini merupakan bentuk tanggung jawab UII sebagai ruang edukasi bagi publik. Melalui open course kami berharap masyarakat luas dapat menyaksikan langsung kualitas pendidikan dan pengajaran yang dimiliki oleh UII,” kata Hangga.