WorkshopSkripsi merupakan penelitian ilmiah yang dilakukan mahasiswa tingkat akhir jenjang Strata 1 sebagai salah satu syarat kelulusan. Di dalam menyusun skripsi khususnya bidang ekonomi, aspek pengolahan data merupakan hal terpenting. Pengolahan data dapat dilakukan dengan berbagai metode yang telah berkembang hingga saat ini, namun tidak jarang ditemui banyak mahasiswa yang yang sedang menyusun skripsi mengalami kesulitan pada saat mengolah data dengan alat analisis dan metode regresi tertentu.

Menanggapi hal tersebut, Prodi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia mengadakan workshop yang bertemakan Metode Regresi Data Panel. Workshop tersebut diadakan di Gedung Perpustakaan Ruangan 1/2 , Kampus FE UII pada hari Kamis (11/6) dan dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Ekonomi dari berbagai angkatan. Materi workshop disampaikan oleh Jaka Sriyana, SE, M.Si, Ph.D yang merupakan dosen tetap dari Prodi Ilmu Ekonomi, FE UII sekaligus penulis buku yang berjudul Metode Regresi Data Panel.

Hingga saat ini, data panel merupakan jenis data yang paling jarang digunakan dalam penelitian karena dirasa memiliki tingkat kesulitan cukup dalam proses pengolahan data. Data Panel merupakan gabungan dari data time series (lintas waktu) dengan data cross section (lintas individu). Selain itu, data panel juga bisa diartikan sebagai sebuah set data yang berisi data beberapa individu pada periode waktu tertentu.

Langkah awal dalam proses pengolahan data adalah menentukan jenis data yang akan digunakan. Ada tiga jenis data yang dapat digunakan untuk penelitian yaitu data time series, data cross section dan data panel. Setelah memilih jenis data, langkah selanjutnya adalah menentukan alat analisis yang sesuai dengan jenis data yang dipakai untuk mengolah data. Sering kali alat analisis inilah yang menjadi penghambat bagi para mahasiswa. Alat analisis berisikan tentang metode regresi yang akan digunakan dan tidak jarang ditemui dalam penelitian bahwa hasil regresi yang dilakukan kurang bagus. Masalah penting dalam regresi yang kerap membuat hasil regresi kurang bagus adalah kecukupan data dan data panel mampu mengatasi masalah tersebut. Mampu menghasilkan regresi yang bagus dengan keterbatasan data merupakan keunggulan dari data panel yang tidak dimiliki oleh jenis data lainnya. Dalam workshop tersebut, Jaka Sriyana juga memberikan simulasi dan menjelaskan cara meregresi data panel dengan aplikasi pengolahan data Eviews mulai dari melakukan estimasi hingga cara menentukan model regresi yang paling tepat digunakan dalam meregresi data panel. “menurut saya pribadi untuk regresi data panel tidak perlu dilakukan lagi uji asumsi klasik” jawab Jaka Sriyana ketika salah seorang mahasiswa bertanya.

Harapan dengan diselenggarakannya workshop tersebut, mahasiswa khususnya yang sedang dan akan menyusun skripsi lebih memahami mengenai metode regresi data panel dan semakin banyak mahasiswa yang tertarik untuk menggunakan data panel sehingga terdapat banyak variasi dalam penelitian yang dilakukan.