hrdMenempuh studi keluar negeri merupakan pengalaman yang membanggakan. Selain mendapat pengalaman baru dan teman baru, menempuh studi di luar negeri membuka kesempatan untuk mempelajari budaya yang ada di Negara lain. Mengikuti student exchange adalah keinginan Nur Jannah, mahasiswi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) sejak duduk dibangku SMA. Setelah mengikuti program volunteer di Bulgaria padatahun 2013 yang diadakan oleh AIESEC, Jannah kembali mengukir prestasi dengan mengikuti student exchange atau pertukaran pelajar selama satu semester yang diadakan di Solbridge, Korea pada bulan Februari hingga Juni 2015. Program ini diikuti oleh beberapa negara antara lain Indonesia, Rusia, Kazakhstan, Jerman, China, dan beberapa negara di benua Eropa lainnya. Dalam program student exchange tersebut, Indonesia mengirim 9 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Dalam kesempatan ini, UII mengirimkan dua orang sebagai wakil dalam program student exchange tersebut.

Jannah menyampaikan bahwa program student exchange ini menanamkan bagaimana caranya untuk bersosialisasi dengan teman negara lain dan melatih untuk hidup mandiri. “Student exchange ini sangat bermanfaat untuk diri sendiri sembari menuntut ilmu kita juga bisa menambah pengalaman yang sangat bermanfaat untuk saat ini dan dapat juga untuk masa depan” ujarnya.

Peserta yang mengukuti program ini mendapatkan kesempatan untuk memilih mata kuliah sendiri dan boleh memilih mata kuliah yang berbeda dengan mata kuliah yang ada di universitas di Indonesia. Selain dalam bidang akademik, mereka juga diberi kesempatan untuk melakukan bakti sosial maupun vacation vacation yang diadakan oleh pihak Solbridge.

Jannah pun menyarankan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang ingin mengikuti student exchange harus berani mencoba setiap peluang yang ada, diterima atau tidak bukanlah halangan. Selain itu, harus aktif dalam mencari informasi tentang student exchange karena sebenarnya banyak mahasiswa yang kehilangan kesempatan untuk mengikuti student exchange karena kurang aktif dalam mencari informasi-informasi mengenai student exchange.