KSPMKelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (KSPM FE UII) kembali mengadakan KSPM Goes to School. Acara yang digelar pada hari Selasa (20/10) bertempat di MAN Yogyakarta 1 merupakan rangkain kegiatan KSPM Goes To School yang ketiga untuk tahun ini.  Seperti tahun sebelumnya, gelaran ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pasar modal untuk para siswa Sekolah Menengah Atas. “KSPM Goes to School itu acara dari Kelompok Studi Pasar Modal, itu mengedukasi anak anak SMA tentang bagaimana cara investasi, terus lembaga-lembaga apa yang terkait”, tutur Anggara selaku ketua panitia. KSPM turut pula menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia (BEI)  Yogyakarta serta CIMB Sekuritas sebagai pihak yang berkaitan dengan pasar modal sebagai pemateri. “Itu makannya kita gandeng OJK, OJK kan sebagai regulator di Indonesia untuk perusahaan-perusahaan jasa keuangan, terus Bursa Efek sebagai pasarnya”, tambah Anggara.

Acara yang dibuka pada pukul 13.40 diawali dengan sambutan dari pihak Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) dan kepala sekolah MAN Yogyakarta 1 kemudian dilanjutkan presentasi dari masing-masing pemateri.  Selaku pemateri pertama, Yunian Asih perwakilan dari OJK mempresentasikan mengenai fungsi dan peran dari OJK . Yunian menuturkan beberapa fungsi dan peran dari lembaga yang merupakan hasil peleburan fungsi Bank Indonesia dan Kementrian Keuangan adalah untuk mengatur, mengawasi, dan melindungi lembaga-lembaga keuangan di Indonesia. Tak lupa juga turut terjadi interaksi tanya jawab disela-sela presentasi dari para siswa yang ingin tahu lebih jauh mengenai fungsi dan peran OJK.

Setelah perwakilan dari OJK selesai melakukan penjelasan mengenai fungsi dan peran OJK,  perwakilan dari BEI Yogyakarta Agnes Sindunita memulai presentasi. Presentasi dibuka dengan penuturan bahwa Asia beberapa tahun kedepan akan masuk kedalam jajaran teratas ekonomi dunia. Tak lupa ia menunjukan grafik yang menunjukan Indonesia akan menduduki posisi kelima negara dengan ekonomi terbaik beberapa tahun kedepan. “beberapa tahun kedepan Indonesia bisa menjadi seperti Amerika saat ini” tutur Agnes. Tak lupa pula ia menjelaskan mengenai pentingnya investasi, jenis-jenis investasi, dan bagaimana cara berinvestasi yang benar.

Para siswa dan siswi pun kemudian melontarkan pertanyaan pada sesi tanya jawab yang diberikan. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul meliputi bagaimana cara berinvestasi yang baik, apa yang bisa dilakukan oleh siswa untuk berinvestasi. Hal tersebut pun langsung ditanggapi oleh narasumber sebelum akhirnya acara KSPM Goes to School berkahir.

Seperti diketahui, KSPM Goes to School merupakan acara tahunan yang diselenggarakan KSPM FE UII. Tahun ini mereka menargetkan sembilan Sekolah Mengah Atas yang berada di Yogyakarta. Hingga saat ini sudah ada tiga SMA yang didatangi oelh KSPM Goes to School, yaitu Muhammadiyah 1, SMA N 1 Yogyakarta, dan MAN 1 Yogyakarta. Acara ini kemudian akan dilaksanakan pada bulan November dan Januari untuk mengedukasi dan mengajak anak-anak SMA berinvestasi.