Disertasi Inovasi vs Regulasi dengan Studi Kasus Transisi Industri Jamu ke Industri Herbal di Indonesia oleh Trias Setiawati

IEInovasi organisasi merupakan inovasi di tingkat organisasi yang dominan dipicu oleh faktor eksternal yakni regulasi dan teknologi dan juga faktor internal. Transisi industri jamu ke industry herbal ditandai dengan pergumulan antara inovasi versus regulasi. Sedangkan regulasi lebih besar menjadi pemicu inovasi organisasi dari pada inovasi untuk meraih keunggulan dalam berkompetisi.

Universitas Islam Indonesia (UII) telah meluluskan satu mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi pada Senin (1/02/2016) yang bertempat di Aula Utara Fakultas Ekonomi. Disertasi yang berhasil diselesaikan oleh Trias Setiawati yang berjudul “Inovasi vs Regulasi dengan Studi Kasus Transisi Industri Jamu ke Industri Herbal di Indonesia olehTrias Setiawati” mengambil PT Deltomed Laboratories (PT DL) Wonogiri Jawa Tengah sebagai objek penelitian karena merupakan tujuh besar perusahaan jamu di Indonesia.

Sidang ujian terbuka tersebut dihadiri oleh Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. sebagai pimpinan sidang, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, MBA (promotor),  Drs. Achmad Sobirin, MBA, Ph.D, Ak (Kopromotor 1), Drs. Fathul Himam, M.Psi, MA,Ph.D (Kopromotor 2) dan tiga penguji. Acara tersebut dimulai dengan Trias Setiawati yang mempresentasikan hasil penelitian yang menyatakan bahwa inovasi merupakan suatu dilema bagi perusahaan, karena selain dapat menghasilkan sesuatu yang menakjubkan, juga dapat mengakibatkan kerugian.

Ujian terbuka promosi Doktor di UII dilaksanakan apabila seorang akademisi hendak naik tingkat kejenjang Doktor. Hal tersebut merupakan suatu apresiasi dari UII kepada akademisi tersebut karena telah menyelesaikan studi Strata 3. Trias Setiawati menjadi akademisi ke-89 yang meraih gelarDoktor di Universitas Islam Indonesia.

Pada berita acara tersebut beliau dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Perjuangan beliau untuk meraih gelar Doktor terbilang tidak mudah, karena selain harus menyelesaikan program studi Doktor beliau juga mengajar di Program Studi Manajemen konsentrasi sumber daya manusia. Selain itu beliau juga membimbing skripsi mahasiswa Program Sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.