2016.03.21. fe uii jalin kerjasama dengan tiga universitas di vietnamjpgFakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII), kembali memperluas kerjasama dengan universitas di Negara ASEAN. Kali ini kerjasama terjalin dengan tiga universitas dari Negara Vietnam, yakni FPT University, Duy Tan University, dan University of Social Sciences and Humanities, Vietnam National University (USSH-VNU). Kesepakatan dan pembahasan kerjasama dengan ketiga universitas tersebut dilaksanakan oleh tim kerjasama FE UII pada tanggal 16-20 Maret 2016, di Vietnam.

Tim kerjasama FE UII dalam kunjungannya di Vietnam dipimpin langsung oleh Dekan FE UII, Dr. D. Agus Harjito, M.Si. Tim Kerjasama FE UII ini antara lain yakni Ketua Program Studi Manajemen, Dr. Sutrisno, MM, Sekretaris Program Studi, Dra. Siti Nursyamsiah, M.Si., Direktur International Program (IP), Business and Economics Department, Dr. Anas Hidayat, MBA, Wakil Direktur IP, Business and Economics Department, Rokhedi Priyo Santoso, SE, MIDec., Sekretaris Program Studi Ilmu Ekonomi, Heri Sudarsono, SE, M.Ec., dan Manajer International Office, Nihlah Ilhami, S.Pd.

Disampaikan Nihlah Ilhami, internasionalisasi merupakan suatu kebutuhan bagi semua perguruan tinggi (PT) di dunia, karena dengan internasionalisasi menurutnya akan membuka wawasan dan menambah pengetahuan serta jejaring di level dunia bagi semua sivitas akademika di suatu PT. “Apalagi dengan melihat kondisi saat ini, banyak versi pemeringkatan dunia yang sangat memperhatikan pada sisi aktifitas internasional baik incoming maupun outgoing mobilities yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen,” paparnya.

Dituturkan Nihlah Ilhami, tujuan kunjungan Tim kerjasama FE UII selain merintis kerjasama dengan ketiga universitas di Vietnam juga dalam rangka menghadiri International Symposium in Management (Insyma) di USSH – VNU, dimana FE UII menjadi salah satu co-hostnya. Sebelumnya pada tahun 2015, FE UII menurut Nihlah Ilhami juga telah berhasil menjalin dan mengimplementasikan kerjasama program pertukaran mahasiswa selama satu semester dengan Universiti Putra Malaysia (UPM) dan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).

Sebagaiamana disampaikan Nihlah Ilhami, kunjungan Tim kerjasama FE UII di FPT University pada tanggal 16 Maret 2015 diterima oleh Dr. Ha Nguyen selaku Direktur Program Master di FPT dan menghasilkan kesepakatan kerjasama di area study tour visits, corporate/business association delegates meeting, faculty exchange  dan joint research. Sementara kunjungan ke Duy Tan University (DTU) pada tanggal 17 Maret 2015, diterima oleh Dr. Hang Le (Wakil Rektor), dan Nhu-Hang Ha, Ph.D (Vice Dean of International School).

“Karena UII dan DTU telah memiliki MoU sebelumnya, maka pembicaraan kerjasama lebih spesifik ke area faculty exchange, student exchange, joint research dan keikutsertaan dalam kegiatan dan pertemuan akademik. Dalam kesempatan ini dicapai kesepakatan implementasi kerjasama dan dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara FE UII dan DTU International Business School,”  Nihlah Ilhami memaparkan.

Lebih lanjut disampaikan Nihlah Ilhami, selain dengan DTU FE UII juga membuat kesepakatan yang sama dengan USSH-VNU selaku host Insyma 2015. Pertemuan yang diadakan pada tanggal 18 Maret 2015 dihadir oleh Nguyen Thanh Tuan, MA (Head, Department Indonesian Studies) dan Pham Thi Hong Hoa, MA (Deputy Head, Office of International Cooperation and International Project Development) menghasilkan draft MoU yang akan segera ditandatangani dalam waktu dekat.

Dituturkan Nihlah Ilhami, pada tanggal 19 Maret 2015, networking meeting juga dilakukan dengan beberapa universitas mitra USSH-VNU yang menjadi co-host baik dari Indonesia, Vietnam dan Kamboja. Diskusi networking Dipimpin oleh Rektor USSH-VNU – Prof. Dr. Vo Van Sen. Disampaikan Nihlah Ilhami pada kesempatan itu, masing-masing universitas menyampaikan kesempatan kerjasama yang mungkin dapat dilakukan diantara universitas. Kegiatan Insyma ini ditutup dengan Gala Dinner yang dihadiri juga oleh beberapa perwakilan Konsulat Jenderal beberapa negara di Vietnam, termasuk Konsulat Jenderal Indonesia.

2016.03.21. fe uii jalin kerjasama dengan tiga universitas di vietnam-1