2016.03.14. iescMahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasi akademik nasional. Kali ini, UII berhasil menjadi Juara 1 Debat Ekonomi Islam dalam acara Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (Fossei). Acara dihelat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis-Sabtu 01-04 Jumadil Akhir 1437 H/10-13 Maret 2016.

Dalam acara tersebut selain digelar Lomba Debat Ekonomi Islam juga dilombakan Olimpiade Ekonomi Islam dan Paper Ekonomi Islam. Sementara itu, Tim Debat UII terdiri dari Tiyas Kurnia Sari (IP Akuntansi 2014), Muhammad Teguh Pengabdian (Manajemen, 2015), dan Muhammad Muftah (Akuntansi, 2014). Tim Debat UII membawa nama Islamic Economics Study Club (IESC) Fakultas Ekonomi (FE) UII.

Di sesi final Tim Debat UII bertanding dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka mendebatkan tentang “Penambahan Margin dalam Transaksi Pembiayaan Jual Beli tidak Berpengaruh dengan Efek Time Value of Money”. Dengan demikian UGM menjadi juara 2 dan juara 3 diraih oleh Universitas Darussalam (Unida) Gontor, Ponorogo.

Kemenangan UII adalah satu hal yang istimewa. “Bersyukur karena ini kali pertama Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) IESC FE UII ikut lomba debat dengan personil yang baru. Tapi alhamdulillah dapat tampil maksimal,” tutut Tiyas Kurnia Sari yang sering diberitakan sebelumnya menjadi Juara Lomba Debat Arab Nasional.

Sebagai insan akademik, Tiyas memiliki harapan besar tentang ekonomi Islam di Indonesia dan khususnya UII. “Semoga acara temu ilmiah ini bisa menjadi ajang mempererat ukhuwah dan keilmuan para ekonom rabbani dari seluruh Indonesia. Harapannya untuk ekonom rabbani di lingkungan UII semoga bisa terus meningkatkan kapasitas keilmuan dalam mempelajari ekonomi Islam,” tututnya.

 Sumber : www.uii.ac.id