Kurikulum pendidikan perguruan tinggi terus ditingkatkan seiring kemajuan zaman. Untuk itu kegiatan seperti studi banding antar instansi pendidikan merupakan salah satu langkah menambah wawasan guna meningkatkan mutu kurikulum pendidikan. Pada Jum’at (26/07) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Nahdlatul ‘Ulama (FEB UNISNU) berkesempatan untuk berkunjung ke Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII). Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang 1/1 FE UII ini disambut dengan hangat oleh Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D selaku dekan FE UII.

Dalam diskusi kali ini, Noor Arifin, SE. M.Si yang merupakan wakil dekan sekaligus pimpinan delegasi FEB UNISNU Jepara menyampaikan bahwa studi bandingnya ini bermaksud untuk sharing ilmu mengenai sistem pembelajaran di FE UII. Berdasarkan pemeringkatan dari Kementrian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) yang menempatkan UII di posisi pertama dari 14 universitas swasta terbaik di Indonesia membuat UII dianggap sebagai seorang “ayah” bagi universitas lain. Seluruh delegasi  FEB UNISNU Jepara terlihat sangat antusias dalam diskusi yang membahas terkait  penyususnan implementasi kurikulum pendidikan perguruan tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta pengelolaan laboratorium yang ada di FE UII.

Senada dengan hal tersebut, Dra. Suhartini, M.Si. selaku Sekretaris Program Studi Manajemen Program Sarjana FE UII menyampaikan bahwa program studi manajemen memiliki 4 peminatan, yaitu marketing, operation, finance dan  SDM, yang mana peminataan ini dulunya dikenal dengan konsentrasi. Selain itu program studi manajemen juga memberikan pembelajaran tentang ilmu bisnis dan ekonomi yang menggunakan pendekatan nilai-nilai islami, namun tetap memperhatikan perkembangan zaman, terutama di dunia pendidikan internasional. “Kurikulum bisa diadopsi, namun cara penyampaian yang tidak bisa diadopsi”, pungkas Dra. Suhartini, M.Si. Selain itu, sebagai instansi perguruan tinggi, UII  juga terus berupaya untuk meningkatkan kulitasnya tidak hanya ditingkat nasional namun juga internasional. Hal ini dapat diwujudkan dalam sertifikasi internasional yang merupakan bentuk komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Dr. Mahmudi, SE., M.Si., Ak., CA., CMA selaku Kepala Program Studi (Prodi) Akuntansi menyampaikan bahwa Program Studi Akuntansi FE UII memiliki beberapa keunggulan tersendiri, salah satunya adalah mata kuliah Sistem Aplikasi ERP–SAP. Dimana Prodi Akuntansi FE UII telah menjadi salah satu anggota SAP University Alliance, serta memasukkan mata kuliah ERP Government ke dalam kurikulum. Adanya penetapan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) merupakan dokumen perencanaan pembelajaran disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk memenuhi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).  Kegiatan lain yang perlu diperhatikan guna mencapai standar pembelajaran yang telah di tetapkan sebelumnya dan untuk meningkatan kualitas pendidikan adalah dengan rutin melakukan evaluasi. Kegiatan ini merupakan bentuk penilaian kesesuaian cara mengajar dan pendekatan yang digunakan oleh dosen kepada mahasiswa.(NAP/VRS)