Sebagai manusia, khususnya kita sebagai Umat Islam tentu harus senantiasa berbuat baik kepada sesama. Tidak hanya rukun islam, amalan-amalan seperti tersenyum maupun menyambung tali silaturahmi juga perlu kita jadikan kebiasaan dan pedoman hidup. Selain membuat orang lain senang, silaturahmi juga memberikan banyak manfaat di zaman sekarang. Contohnya adalah kita akan menjadi lebih memiliki banyak relasi dan membuat dunia pekerjaan menjadi lebih mudah.

Sejalan dengan hal tersebut, Sabtu (24/08) Program Diploma Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (D3 FE UII) mengadakan acara yang berjudul “Temu Alumni dan Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Program Studi Manajemen, Akuntansi, serta Perbankan dan Keuangan” yang berlokasi di Gedung Mohammad Adnan Kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang Km 14,5, Sleman, Yogyakarta.

Acara ini dihadiri oleh para alumni yang telah malang melintang di dunia pekerjaan. Ramah tamah dan suasana kebersamaan tentu sayang untuk dilewatkan di acara seperti ini. Namun, tidak hanya menyambung silaturahmi antar-alumni yang datang, acara ini sekaligus mengadakan pelantikan pengurus IKA masing-masing prodi yang ada di D3 FE UII.

Kepengurusan yang terbentuk merupakan kepengurusan yang berkedudukan sebagai pengurus pusat di Yogyakarta. Kepengurusan IKA ini terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan bidang-bidang lain yang telah menjadi kesepakatan. Komposisi dan personalia pengurus IKA D3 masing-masing prodi di Fakultas Ekonomi UII memiliki masa bakti 2019-2023 atau 4 tahun terhitung sejak ditetapkan surat keputusan yang dibacakan.

Dalam sambutannya, Abdurrahman Al Faqiih, S.H., M.H., L.LM. selaku perwakilan Wakil Rektor menyampaikan “Selamat atas pengurus IKA yang telah dilantik. Terbentuknya pengurus ini masih menjadi awal dari sebuah kesuksesan. Selain itu, kepengurusan IKA ini tidak berperan sebagaimana organisasi kemahasiswaan pada umumnya, melainkan dianggap sebagai organisasi alumni yang berlandaskan total pengabdian” pungkas beliau.

IKA sendiri pada dasarnya bersifat independen alias berdiri sendiri. Level IKA setara dengan prodi maupun fakultas. Ini direpresentasikan ketika akan mengadakan suatu kegiatan, IKA lebih cenderung bersinergi dengan prodi terkait pelaksanaannya, sehingga akan sengat membantu segala aktivitas prodi maupun fakultas kedepan.

Selain itu, IKA dapat berfungsi sebagai jembatan ketika prodi maupun fakultas ingin mengadakan hajatan alumni. Contohnya adalah mengundang alumni yang berprestasi untuk dapat berbagi ilmu dan pengalamannya.

Dalam hal pendataan alumni, IKA juga dapat membantu dalam keperluan-keperluan akreditasi. Hal ini menjadi penting karena pada faktanya alumni saat ini berjumlah kurang lebih 100.000 orang. Namun, ini tidak didukung dengan pengolahan data yang baik. Sehingga, dalam hal ini IKA diharapkan dapat membantu dalam pendataan alumni-alumni.

Abdurrahman Al Faqiih, S.H., M.H., L.LM. dalam hal ini juga menyatakan harapan ke depan agar IKA dapat terus bekerja dan berkarya sehingga dapat unggul di masa yang akan datang dan dapat membanggakan kampus tercinta. (ARS)