Penulisan artikel ilmiah DPPM UIISebagai upaya meningkatkan kemampuan dosen muda di lingkungan Universitas Islam Indonesia (UII) dalam menghasilkan karya ilmiah berupa terbitan jurnal baik berkala nasional maupun internasional, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UII menggelar “Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi di Jurnal Nasional”, di Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang Km.14,5, pada Rabu (11/9).

Wakil Rektor I UII, Dr. Ing. Ir. Ilya Fajar Maharika, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud kegiatan workshop penulisan artikel  ilmiah ini merupakan salah satu bentuk fasilitasi UII dalam programearly career development. Dalam mengembangkan awal karirnya, para dosen muda UII diperlukan adanya pelatihan untuk meningkatkan kemampuannya dalam membuat karya akademik, salah satu karya ilmiah yang menjadi tuntutan dalam mengembangkan karir akademiknya adalah dengan membuat artikel ilmiah yang kemudian dipublikasikan ke dalam Jurnal.

Selain itu, guna menunjang karir dosen UII Dr. Ing. Ir. Ilya Fajar Maharika, MA menghimbau kepada seluruh dosen untuk dapat berpartisipasi aktif di pusat-pusat studi sesuai dengan prodi masing-masing. Menurutnya, Pusat studi merupakan salah satu wadah yang tepat dalam mengembangkan karir sebagai tenaga pendidik di lingkungan UII. Hal ini dilakukan supaya adanya kerjasama yang tersistem dan tidak individual.

Sebagai pembicara pada workshop kali ini adalah Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UII yaitu Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Ilmu Sosial Humaniora yaitu bapak Dr. Jaka Sriyana. Sebagai pembicara pertama, Prof. Akhmad Fauzy,S.Si., M.Si., Ph.D menyampaikan tentang teknis penyiapan dan penyusunan artikel pada jurnal terakreditasi. Sedangkan Dr. Jaka Sriyana banyak menajelaskan tentang sistematika penulisan artikel ilmiah Jurnal terakreditasi. Kedua pembicara secara langsung mendorong kepada semua dosen untuk segera melakukan penelitian dan kemudian mempublikasikannya dalam bentuk artikel untuk dimuat dalam jurnal.

Kegiatan workshop berlangsung aktif dengan banyaknya dosen yang bertanya dalam forum diskusi. Direktorat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat selaku lembaga yang banyak berkecimpung dalam hal penelitian memiliki optimisme yang tinggi dengan potensi yang dimiliki para dosen muda UII. Dengan diselenggarakannya Workshop penulisan artikel ilmiah ini diharapkan para dosen UII dapat lebih banyak membuat karya dengan cara meneliti dan kemudian dapat dipublikasikan dalam Jurnal.

Sumber Berita: Direktorat Humas UII