Universitas Islam Indonesia telah menyelenggarakan acara yang cukup besar selama tiga hari berturut-turut yaitu mulai pada tanggal 7 hingga 9 November 2017. Acara ini bertempat di Kampus Terpadu Kaliurang, lebih tepatnya di Gedung Abdul Kahar Mudzakkir yang identik dengan kubah emasnya. Ada beberapa rangkaian acara yang dapat diikuti yaitu Innovation Expo, Global Mobility Expo, Student Expo, Panggung Inspirasi serta Axis Hitztage yang merupakan acara puncak dan yang terakhir dari seluruh rangkaian UII Open Days 2017. Sasaran pengunjungnya adalah kebanyakan dari kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya yaitu mengenalkan setiap fakultas-fakultas yang ada di UII kepada siswa SMA agar nantinya bisa mengenal lebih dalam pada perguruan tinggi khususnya UII, sehingga siswa SMA diharapkan dapat mengetahui gambaran umum dari masing-masing fakultas untuk dirinya sendiri dalam memutuskan jenjang pendidikan lebih tinggi.

Global Mobilty Expo dan Innovation Expo merupakan salah satu dari keseluruhan rangkaian acara, pameran yang berisi tentang informasi dan inovasi dari tiap fakultas yang ada di UII, seperti Fakultas Ekonomi memberikan pengetahuan tentang pasar modal khususnya dalam proses jual beli saham di pasar modal atau seperti fakultas Kedokteran yang memberikan pengalaman mencoba memberikan suntikan pada pasien dan masih banyak yang lainnya. Seluruh pengunjung yang datang dapat mencoba dengan gratis dari fasilitas yang disediakan oleh tiap fakultas. Global Mobility Expo dan Innovation Expo terletak didalam gedung Kahar Mudzakkir yang bentuknya seperti booth, tidak hanya diisi oleh booth fakultas akan tetapi juga diisi oleh berbagai kegiatan mobilitas global mahasiswa seperti CLI atau dari UII Career Center, dan booth dari hasil pengabdian masyarakat serta masih banyak lagi lembaga yang berdiri dibawah naungan UII. Di Global Mobility Expo juga disediakan booth yang dinamakan booth pohon harapan. Pohon harapan ini mempunyai tujuan yaitu semoga cita-cita atau keinginan pada masing-masing yang menempelkan pada pohon harapan bisa tercapai disuatu kemudian hari. Selama tiga hari berlangsung, pohon harapan sudah penuh dengan tempelan kertas yang berisi tentang sejuta harapan yang ingin di capai.

Student Expo adalah pameran dari hasil karya para mahasiswa UII yang telah dibiayai oleh Inkubator Bisnis Mahasiswa UII (IBISMA) bahkan beberapa juga ikut lolos kedalam program yang didanai oleh Kemenristek Dikti, misalnya Dendeng Raden. Beberapa juga ada tenant dari kegiatan mahasiswa sendiri, contohnya adalah Marketing and Communications UII, Jurnalis, Ikatan Ibu-Ibu (IKI) UII dan masih banyak lagi. Didalam Student Expo, siswa yang masuk akan disambut oleh para pembawa acara yang notabene hanya nonformal sehingga bisa meramaikan di suasana Student Expo, apalagi jika yang menjadi pembawa acaranya berasal dari stand up UII. Student Expo sendiri letaknya berada di halaman gedung Kahar Mudzakkir. Tidak hanya diramaikan oleh tenant hasil karya mahasiswa UII ataupun pembawa acaranya yang menghibur, akan tetapi disana juga menampilkan band dengan penyanyi yang meramaikan acara UII Open Days 2017. Bisa membayangkan jika acara UII Open Days 2017 sangat rame, asyik dan juga seru. Pengunjung di UII Open Days bukan hanya kalangan SMA saja akan tetapi sebenarnya umum dikunjungi untuk siapa saja.

Panggung Inspirasi yaitu panggung yang memberikan inspirasi, bukan panggungnya yang memberi akan tetapi disediakan pemateri untuk mengisi dalam acara memberikan inspirasi untuk para pengunjungnya. Pematerinya sendiri berasal dari akademisi maupun praktisi dari Yogyakarta. Kegiatan ini sangat menginspirasi para pengunjung dan itu terlihat dari antusiasme pengunjung yang menyaksikan. Panggung inspirasi sendiri dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, tujuannya adalah para pengunjung khususnya siswa SMA dapat termotivasi dan bisa berkembang ke arah depan lebih maju. Panggung Insipirasi memiliki banyak sekali manfaatnya apalagi untuk siswa SMA, UII memperkenalkan berbagai pengetahuan yang didapatkan dari prestasi atau penelitian dari sivitas akademika UII, seperti bagaimana tips and trik berwirausaha atau bagaimana cara membuat atau memasarkan minyak atsiri. Diharapkan para pengunjung bisa membuka pikirannya secara luas dan terbuka dalam penelitian yang telah ditemukan saat ini bisa bermanfaat dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Acara UII Open Days 2017 ditutup dengan acara puncak Hitztage yang lokasinya berada di GOR Ki Bagoes Hadikusumo, acaranya yaitu menghadirkan penampilan oleh band indie yang mana acaranya pada tanggal 10 November 2017 dan waktunya malam hari. Suasana pada saat konser sangat meriah sekali dan dikunjungi oleh berbagai kalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Yogyakarta.