Dosen FE UII Kembali Raih Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

Mahmudi, SE., M.Si merupakan salah satu dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) telah resmi meraih gelar doktor pada Senin (29/1) pada ujian terbuka promosi doktor yang berlangsung di Gedung Magister Sains dan Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Melalui penelitian disertasi yang berjudul “Pengaruh Independensi, Tanggung Jawab Hasil, dan Identitas Moral Terhadap Reaktansi Bawahan Atas Tekanan Atasan untuk Melakukan Manipulasi Akuntansi: Pengujian Teori Kepatuhan”, Mahmudi berhasil mempertahankan hasil desertasinya dihadapan para penguji dan berhasil meraih kelulusan dengan predikat sangat memuaskan.

Dalam ujian terbuka ini dipimpin oleh Kusdhianto Setiawan, Sivilekonom., Ph.D., didampingi jajaran tim penguji, yaitu Prof. Jogiyanto HM., MBA., Ph.D., Suyanto., MBA., Ph.D., Prof. Dr. I Made Narsa., M.Si., Zuni Barokah., M.Com., Ph.D., Dr. Sumiyana., M.Si., Supriyadi., M.Sc., Ph.D., Ertambang Nahartyo., M.Sc., Ph.D., serta Prof. Mahfud Sholihin., Ph.D. Pada kelulusan kali ini, promovendus menyandang gelar doktor ke-245 di FEB UGM.

Disertasi yang ditulis mengangkat topik tentang respon bawahan ketika diperintah atasan untuk melakukan manipulasi akuntansi. Mahmudi meneliti faktor-faktor apa saja yang membuat akuntan rentan dari pengaruh tekanan tekanan destruktif atasan dan cara untuk mengatasinya. Peneliti mencoba menguji teori kepatuhan dan memperluas penelitian-penelitian terdahulu dengan menguji peran identitas moral terkait pembuatan keputusan dalam kondisi individu yang mendapat tekanan destruktif atasan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi dan penetapan tanggung jawab berpengaruh signifikan terhadap reaktansi bawahan atas perintah atasan untuk melakukan manipulasi akuntansi. Kemudian, terdapat interaksi antara variable identitas moral dengan independensi dalam memengaruhi reaktansi bawahan atas perintah atasan dalam melakukan manipulasi akuntansi.

Mahmudi mengucapkan terima kasih kepada Dekan dan Wakil Dekan serta seluruh dosen FE UII yang telah mendukung dan membantu selama menempuh gelar pendidikan doktor ini. “Semoga ilmunya bisa bermanfaat, kemudian nanti bisa menghasilkan riset-riset yang lain juga. Bisa memberikan bimbingan yang lebih berkualitas lagi bagi mahasiswa dan bisa menjadi bahan kajian bagi peneliti berikutnya terkait disertasi yang saya tulis,” pungkas Mahmudi ketika menyampaikan harapan-harapan diakhir ujian terbuka doktor.