,

Persiapkan Akreditasi: Universitas Muhammadiyah Makassar Lakukan Benchmarking di FBE UII

Pada hari Senin (25/9), Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan kunjungan ke Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII). Kunjungan ini dilakukan di Ruang Sidang Utama 1.1 FBE UII dengan tujuan melakukan benchmarking terkait tata kelola dan penjaminan mutu di FBE UII.

Sejumlah 13 orang menghadiri kegiatan benchmarking ini, terdiri dari 11 perwakilan dari FBE UII dan 2 perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh). Dua perwakilan dari Unismuh yang hadir adalah Asri Jaya, S.E., M.M. dan Wa Ode Rayyani, S.E., M.Si., yang menjabat sebagai Ketua dan Sekretaris gugus kendali mutu FEB Universitas Muhammadiyah Makassar.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan FBE UII, Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D. Ia mengharapkan bahwa kunjungan ini dapat menjadi sarana untuk bertukar informasi antara kedua belah pihak. Johan menyampaikan, “Silakan untuk berbagi, sharing antar unit dan saling menukar pengetahuan.”

Asri Jaya, S.E., M.M. dalam sambutannya menjelaskan latar belakang dari kegiatan benchmarking ini. Hal ini dikarenakan kelima program studi yang ada di FEB Universitas Muhammadiyah Makassar masih memiliki predikat yang baik. “Semoga dengan adanya benchmarking ini, kami dapat mempersiapkan agar akreditasi salah satu jurusan di FEB bisa menjadi unggul tahun ini,” ungkap Asri.

Sesi diskusi kemudian dipandu oleh Kepala Unit Humas FBE UII, Rokhedi Priyo Santoso, S.E., MIDEc yang memberikan pengantar sekaligus memperkenalkan jajaran pengurus unit kendali mutu yang ada di FBE UII.

“Berbeda dengan universitas lainnya, UII memiliki standar sendiri dan indikator yang lebih banyak berkaitan dengan penjaminan mutu. Standar ini terangkum dalam akronim ‘Mercy of God’ yang mencakup berbagai aspek Standar Mutu UII, yaitu M (Management Organization), E (Education), R (Research), C (Community Service), Y (Yield of Service), O (Output), F (Facilities), G (Governance), O (Outcome & Cooperation), dan D (Dakwah Islamiyah),” jelas Reni selaku Ketua Unit Penjaminan Mutu FBE UII.

Lebih lanjut, Wakil Dekan bidang sumber daya, Abdul Moin, S.E., M.B.A., PhD., CQRM memberikan closing remarks serta mengarahkan bahwa apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung melakukan benchmarking ke tingkat universitas di Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII. Acara ditutup dengan penyerahan cenderamata dan sesi foto bersama.

(NIK)