Sejak rabu pagi, ruang Aula Utara Fakultas Ekonomi UII mulai dirombak menjadi layaknya hotel berbintang, sebab akan dilangsungkannya sebuah acara besar. Acara tersebut bertajuk Pelepasan Purnabakti kepada Ibu Dra.Sri Hardjanti, MM. Salah satu akademisi telah lama mengabdikan diri di Program Studi Manajemen UII. Wanita yang akrab disapa dengan panggilan Bu Djanti ini merupakan dosen senior Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UII. Beliau telah menyelesaikan masa baktinya mengajar selama 39 tahun, yakni sejak tahun 1980 hingga tahun 2019 ini. Kegiatan pelepasan tersebut dilaksanakan tepat pukul 13.00 WIB hari Rabu, 6 Maret 2019, acara tersebut berlangsung dengan suasana yang hangat penuh dengan kekeluargaan serta dihadiri oleh dosen-dosen dari Prodi Manajemen, mulai dari dosen junior hingga senior.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, panitia telah mempersiapkan video yang menampilkan foto-foto kenangan Bu Djanti sejak ia mulai berkarya di FE UII. Foto-foto tersebut membuat Bu Djanti dan rekan sejawatnya kembali terkenang akan masa-masa mereka dulu. Setelah video selesai, acara dibuka dengan ucapan salam dari pembawa acara, yaitu Bapak Bagus Panuntun, S.E., M.B.A dan dilanjutkan sambutan oleh Bapak Arif Hartono, S.E., M.Ec., Ph.D. Ia menyampaikannya kesan dan pesannya kepada Bu Djanti, beliau mengatakan bahwa selama Bu Djanti mengajar, banyak sekali hal-hal dari sosok Bu Djanti yang tidak bisa dilupakan seperti sosok yang peduli kepada siapapun dan pandai dalam membangun persahabatan, sabar dan mengalah, serta selalu menghindari timbulnya konflik.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh dosen lainnya, yaitu Bapak Drs. Zulian Yamit M.Si. Beliau juga menyampaikan beberapa pesan untuk Ibu Djanti bahwa nantinya selepas pensiun mengajar di FE ini, untuk selalu merasa muda dan terus semangat bekerja dan berkarya. Di kesempatan tersebut beliau juga menuturkan rasa kekagumannya kepada sosok Bu Djanti yang selalu gigih dan memiliki komitmen yang kuat untuk selalu bekerja di FE UII walaupun diluar sana banyak sekali tawaran yang datang dan jauh lebih menggiurkan. Sehingga beberapa sifat yang dimiliki dari sosok Bu Djanti inilah yang harus dicontoh oleh dosen-dosen lainnya agar apa yang dicita-citakan oleh UII dapat terwujud melalui tenaga pengajarnya pula. Selanjutnya, sambutan akhir acara tersebut diisi oleh Ibu Dra. Budi Astuti., M.Si yang juga memberikan kesan dan pesannya, salah satunya mengatakan bahwa beliau adalah sosok yang humoris dan keibuan.

Sosok keibuan Bu Djanti ditandai dengan banyaknya mahasiswa yang terkenang atas ilmu yang telah ia berikan. Selain itu, pelajaran moral, sikap dan akhlak juga selalu Bu Djanti tekankan disetiap ia tatap muka dengan para mahasiswa. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan suatu bentuk penghargaan dari FE UII khususnya prodi Manajemen, untuk menghargai dan berterima kasih atas komitmen penuh yang diberikan Bu Djanti kepada Fakultas Ekonomi UII.

Puncak acara tersebut ditandai  dengan  hadirnya suami dari Ibu Djanti secara tiba-tiba, yaitu Bapak Santoso yang tidak diketahui sebelumnya oleh beliau. Perasaan haru mulai muncul ketika Bapak Santoso memberikan ucapan spesial untuk istri tercinta sembari diputarnya video pendek yang berisikan pesan dan kesan dari kerabat-kerabat dekat dan mahasiswa yang pernah diampu oleh beliau. Humoris, ramah, mudah bergaul, bijak dan penyabar adalah beberapa kata yang sering sekali dilontarkan dalam video tersebut karena memang terbukti beliau adalah sosok yang patut untuk diteladani. (FTM/AFM)