Saat ini beasiswa ke luar negeri semakin banyak seiring dengan meningkatnya lulusan mahasiswa. Hal itu menjadi perhatian khusus bagi Universitas Islam Indonesia (UII) khususnya program studi Magister Akuntansi untuk mengadakan sosialisasi program Gelar Ganda yang bertempat di P1/2 Fakultas Ekonomi (FE) UII. Bekerjasama dengan The University of Western Australia (UWA), Akuntansi FE UII mengadakan sosialisasi Program Dual Degree antara Magister Akuntansi FE UII dan Master of Professional Accounting UWA. Acara ini diikuti oleh para civitas akademika mahasiswa sarjana maupun magister.

Dekar Urumsah Ph.D selaku Kaprodi Magister Akuntansi UII menyampaikan bahwa program ini dilaksanakan satu tahun di UII dan satu tahun di UWA. Secara keseluruhan, kerjasama ini dibentuk untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang mengenal beasiswa UWA, cerita kehidupan berkuliah di UWA, dan prospek kerja setelah lulus dari UWA.

 “Sosialisasi ini akan lebih memperdalam wawasan mahasiswa tentang mengenali persyaratan gelar ganda, tips dan triknya. Seluruh aspek itu diharapkan dapat diterapkan mahasiswa dalam mendaftar program ini”, ungkap Dekar.

 Selain itu professor Philip Hancock selaku Associate Dean UWA menambahkan “Dari sisi ranking, UWA memiliki rangking ke 86 di dunia versi QS World University Rankings 2020 dan telah terakreditasi EQUIS dan AACSB. Sedangkan dari sisi fasilitas, UWA memiliki fasilitas kelas dunia seperti Financial Markets Trading Room, dan mempunyai banyak peluang karir”.

 “UWA yang terletak di kota Perth memiliki banyak keuntungan bagi mahasiswa Indonesia seperti kota terdekat di Australia dari Indonesia, menggunakan waktu GMT +8 sama seperti Bali, ibu kota Australia yang paling terjangkau, 40 persen dikon untuk semua transportasi public bagi pelajar, terdapat sekolah gratis untuk mahasiswa S2 dan S3”, ujar Philip.

 Dekar berharap ada ketertarikan antara mahasiswa untuk mendaftar program ini. “Kami berharap nantinya program ini banyak diminati mahasiswa karena manfaatnya yang begitu banyak. Tersedia kesempatan mendapat Global Excellence Scholarship dari UWA dan beasiswa dari UII untuk 3 pendaftar pertama program Joint Degree”. (ADN/SHP)