Sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik dan tertua di Indonesia, Universitas Islam  Indonesia banyak menerima kunjungan seperti pada Rabu (22/01). Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menerima kunjungan dari Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila di Ruang Sidang Dekanat P1.1 FBE UII. Acara disambut langsung oleh Jaka Sriyana, SE., Ph.D selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII dan beberapa jajaran pimpinan Program Magister dan Doktor FBE UII. Acara dibuka oleh sambutan Dekan FBE UII dan juga oleh Pimpinan Delegasi Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila. Kunjungan studi kali ini bermaksud untuk saling bertukar informasi dan juga belajar mengenai program-program dan inovasi yang ada di Program Magister dan Doktor Ilmu Ekonomi FBE UII. Selain itu bertujuan agar saling mengembangkan tali kekeluargaan antara kedua belah pihak.

Inti dari acara kunjungan ini adalah sesi diskusi bersama antar pimpinan universitas yang dipandu oleh Jaka Sriyana, SE., Ph.D. Sesi ini berisi pemaparan serta perbandingan program-program, kelebihan, kekurangan, masalah dan hambatan-hambatan yang dialami oleh program Magister antara dua universitas yang dibantu oleh Ketua Program Studi Manajemen Program Sarjana, Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana, Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan Program Sarjana dan juga Ketua Program Studi Program Doktor Ilmu Ekonomi FBE UII. 

Pada sesi diskusi pertanyaan pun bermunculan, salah satunya mengenai apa kekhasan dari Program Magister FBE UII serta upaya untuk menarik mahasiswa asing untuk kuliah di Program Magister FBE UII. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Dekar Urumsah, Drs., S.Si., M.Com selaku Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana, Johan Arifin, SE., M.Si., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Manajemen Program Sarjana dan Jaka Sriyana, SE., Ph.D. Salah satu kekhasan dari Program Magister FBE UII adalah adanya basis syariah dalam setiap programnya. Sedangkan upaya untuk menarik mahasiswa asing untuk berkuliah di FBE UII adalah dengan cara memberikan Beasiswa. Selain itu diskusi juga membahas mengenai tips and trick mengenai penelitian dan cara menyusun jurnal yang benar agar dapat diterima secara nasional dan internasional seperti yang telah dilakukan oleh FBE UII.

Dapat dilihat selama acara berlangsung antusiasme yang tinggi pada saat penyampaian materi dan sesi diskusi. Dalam acara ini, banyak sekali respon dan pertanyaan yang diberikan  kepada pihak FBE UII. Besar harapan dengan adanya kunjungan ini setiap ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan bisa membantu mencapai tujuan yang diinginkan kedepannya. (ASD)