,

Pengembangan Karakter Penting Bagi Keberlangsungan Masa Studi

Setiap orang dilahirkan dengan memiliki soft skill, namun dengan kadar yang berbeda-beda. Kamampuan soft skill tersebut sebenarnya juga dapat dibentuk jika seseorang ingin berusaha untuk mengubah serta mengembangkannya.

Melalui kegiatan Soft Skill Development pada hari Minggu (23/02),  Program Magister dan Doktor Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE), UII membekali mahasiswanya yang kini sedang atau akan mengerjakan tesis sebagai tugas akhirnya. Kegiatan yang bertempat di Gedung Moh. Hatta Perpustakaan Pusat UII ini diikuti oleh segenap mahasiswa Program Magister FBE UII angkatan 51.

Kegiatan ini dipercaya akan memberikan dampak yang baik bagi mahasiswa Program Magister FBE UII, dan juga diharapkan akan menambah motivasi mahasiswa untuk dapat menyelesaikan tugas akhirnya di waktu yang tepat.

Dekar Urumsah, ketika membuka acara tersebut menyampaikan bahwa, “Program soft skill development ini bertujuan untuk memotivasi kembali kepada para mahasiswa yang kini sudah mulai menulis tesis sebagai tugas akhir. Serta memberikan dorongan kepada yang belum mulai menulis agar bisa fokus dan semangat menyelesaikan kewajibannya untuk menulis tesis”.

Kegiatan ini terdiri dari dua rangkaian acara. Pertama sesi mentoring yang dilakukan oleh masing-masing ketua program studi yakni Dr. Dwipraptono Agus Harjito, M.Si., Ketua Program Studi Manajemen Program Magister, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com(IS)., Ph.D., CFrA., Ketua Program Studi Akuntansi Program Magister, Drs. Achmad Tohirin, MA., Ph.D. Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Program Magister.

Selain itu kegiatan ini juga memberikan sesi motivasi, problem solving, serta soft skill development yang diampu oleh beberapa dosen dari Jurusan Psikologi salah satunya, Annisaa Miranty Nurarendra, S.Psi., M.Psi.,. 

Motivasi merupakan suatu dorongan atau sebab yang menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu dan mencapai tujuan tertentu. 

Annisaa mengatakan, “Motivasi harus tetap dibangun dan selalu dijaga pada diri mahasiswa, dalam hal ini termasuk motivasi untuk menyelesaikan studi dan mencapai tujuan setelah lulus nanti.”

Soft skill development merupakan salah satu upaya mengembangkan kemampuan diri yang sifatnya lebih kepada cara berpikir, sikap dan karakter diri. Mempunyai hard skill memanglah sangat penting, namun tetap harus diimbangi dengan kemampuan soft skill sehingga dapat menghadapi berbagai tantangan dalam dunia kerja.

Elemen-elemen tersebut bertujuan untuk memotivasi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya dan juga membantu untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri sehingga tercipta proses pembelajaran yang baik. Proses pembelajaran adalah ciri khas dalam suatu lingkungan akademisi, dengan demikian aktivitas belajar adalah suatu aktivitas utama yang seharusnya dilakukan oleh setiap mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan. (AFM/ERF)