,

Jiwa Kewirausahaan, Salah Satu Keunggulan Mahasiswa dalam Hadapi Persaingan Global

Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) selalu memberi bimbingan dan dorongan bagi para mahasiswanya untuk terus mengasah potensi serta menciptakan inovasi baru. Salah satu bentuk upaya tersebut yaitu dengan mengadakan Pelatihan Penyusunan Proposal Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) untuk mempersiapkan pengusulan proposal pada ajang lomba kemahasiswaan tingkat nasional secara daring pada Kamis (6/8).

Pelatihan ini dilaksanakan agar mahasiswa Program Studi Akuntansi FBE UII dapat membuat suatu proposal KIBM dengan maksimal. “Harapannya dengan mengikuti pelatihan ini anda bisa membuat proposal yang sebaik-baiknya dan kami berharap serta berdoa mudah-mudahan nanti di akuntansi ini akan banyak tim yang memperoleh inovasi bisnis,” ujar Ketua Prodi Akuntansi, Dr. Mahmudi, SE., M.Si., Ak.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Prestasi Nasional menyelenggarakan Program Kewirausahaan Kampus Merdeka 2020 dengan agenda lomba kemahasiswaan tingkat nasional yaitu Program Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) guna mendukung kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha.

Arif Fajar Wibisono,SE., M.Sc., pemateri yang juga merupakan Kepala Unit Kemahasiswaan membagikan tips dan ilmu serta pengalamannya dalam penulisan proposal KIBM. Format proposal KIBM minimal menyantumkan sembilan aspek, yaitu ringkasan, deskripsi usaha, target pasar, analisis pesaing, rencana pemasaran dan penjualan, rencana operasi, tim manajemen, perkembangan masa depan usaha, dan rencana finansial pengembangan inovasi bisnis.

Rifqi Muhammad, SE., SH., M.Sc., PhD., SAS., ASPM., menyampaikan bahwa, “Langkah pertama yang dilakukan yaitu mengisi lampiran biodata dan data yang gampang. Jadi, berpikirlah yang mudah saja jangan dipikir yang sulit dulu”.

Di era globalisasi saat ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan dalam segala hal. Salah satunya mempunyai jiwa kewirausahaan. Orang yang mempunyai jiwa wirausaha memiliki karakter dan sifat jujur, disiplin, bertanggung jawab, tekun serta mental yang kuat karena dibutuhkan keberanian mengambil risiko untuk mewujudkan ide dan inovasinya. Karakter dan sifat ini sangat berguna bagi mahasiswa untuk bersaing secara global dan dapat mencapai kesuksesan di masa yang akan datang.

“Kegiatan kewirausahaan ini menjadi salah satu contoh mahasiswa agar memiliki motivasi dalam mengikuti program ini,” ujar Rifqi seraya memberikan semangat kepada mahasiswa Prodi Akuntansi. (AAM/ARA)