,

Career Seminar 2021: Menambah Insight serta Perluas Career Opportunities

Persiapan dan pengambilan keputusan dalam merintis karir menjadi perhatian penting untuk mencapai puncak karir yang cemerlang. Bagi mahasiswa, munculnya kekhawatiran seperti salah mengambil keputusan dalam berkarir merupakan hal yang umum dikarenakan minimnya pengetahuan seputar dunia kerja. Dalam virtual event yang bertajuk “Career Seminar “Explore Your International Career Opportunities and Take Your Chance (27/11), DPKA UII mengundang salah seorang alumni UII Syah Rizal Hamdallah, S.E, MSc-Eng yang sukses meniti karir hingga kancah internasional untuk berbagi pengalaman karirnya.

Ketika membahas karir, koneksi merupakan salah satu hal utama bagi mahasiswa untuk memulai membangun karir. Seperti yang disampaikan oleh Direktur DPKA UII Abdurrahman Alfaqiih, S.H., M.A., LLM., terkait hal yang relevan saat ini dalam membangun karir, “Banyak koneksi banyak rezeki,” ujarnya. Begitu pula melalui Career Seminar ini yang juga membuka koneksi antara mahasiswa dengan alumni untuk bertukar informasi seputar karir secara langsung melalui platform zoom.

Berdasarkan yang disampaikan Syah Rizal, perencanaan karir haruslah dimiliki untuk menuju puncak karir yang diinginkan. Sama halnya dengan dirinya yang sudah tertanam memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah di Amerika sejak masih SMA hingga akhirnya sekarang berhasil berkarir di sana. Selain rencana, diperlukan juga realisasi dengan berbagai hal yang menunjang karir di masa depan. Tidak hanya sekedar mengasah skill tetapi juga membantu menemukan passion yang sesuai, melalui realisasi tersebut dapat menambah nilai dari resume saat berhadapan dengan perusahaan yang melakukan rekrutmen kerja.

Saat membahas tentang proses rekrutmen kerja, Syah Rizal juga menyampaikan bahwa networking sangat berperan penting dalam proses tersebut. Tidak hanya mampu untuk memudahkan kita agar dapat terus berkembang dan meningkatkan skill, Networking juga membantu dalam memberikan akses ke lebih banyak peluang kerja nantinya. “Buat saya kuncinya, it’s not about the shortcut, but building the network,” ujar Syah Rizal saat membicarakan bagaimana hal ini dapat dikatakan sebagai sebuah jembatan dalam karirnya.

Dalam mengembangkan career opportunities, dibutuhkan juga kedisiplinan dalam berbagai hal seperti disiplin waktu, disiplin komunikasi, serta disiplin dalam mengatur keuangan. Dengan melakukan kebiasaan untuk selalu disiplin, kita tidak akan membuang-buang waktu dan merubah hidup kita menjadi lebih efektif dan efisien. Menjadi disiplin juga membantu kita dalam mengembangkan passion karena hal ini dapat membuat kita untuk fokus mengejar apa yang ingin kita raih. Syah Rizal juga meminta kepada para peserta Career Seminar untuk terus membangun passion mereka, “Learn about yourself, and define who you are. Once you define who you are, keep it and continue sharpening,” ujarnya. (AR/ADN)