Forum Manajemen Indonesia (FMI) merupakan wadah bagi akademisi, ilmuwan, dan peneliti untuk saling membagi pengetahuan dan fenomena atau temuan baru mengenai bidang ilmu manajemen melalui presentasi hasil-hasil penelitian. Forum yang sekaligus menjadi ajang silaturahmi para dosen di bidang ekonomi, khususnya  manajemen ini merupakan penyelenggaraan yang keenam kalinya, setelah dua tahun sebelumnya Prodi. Manajemen FE UII juga pernah menjadi tuan rumah acara tersebut.

P_20141112_210540_HDR-webPada acara yang bertajuk Seminar Nasional dan Call for Paper dengan tema Entrepreneurial Management ini digelar di Grand Aston City Hall Medan (12/11). Prodi. Manajemen dan Program Magister Manajemen mengirimkan masing-masing 13 dosen dan 6 dosen untuk menjadi pemakalah dari 28 paper hasil penelitian yang telah para dosen lakukan sebelumnya. Menurut Sekretaris Prodi. Manajemen, Dra. Siti Nursyamsiah, MM., jumlah dosen yang mengikuti FMI pada tahun 2014 ini meningkat dan sekaligus terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. “Selain terjadi peningkatan pada jumlah dosen yang menjadi pemakalah, peningkatan juga terjadi pada jumlah paper yang dikirim, dimana merupakan jumlah terbanyak yang pernah dikirim oleh dosen manajemen dari Fakultas Ekonomi”, terang Nursyamsiah. Selain itu, menurut Nursyamsiah, UII secara khusus mendapatkan apresiasi dari FMI pusat dalam acara Gala Dinner sebagai salah satu dari 3 Perguruan Tinggi yang paling banyak mengirimkan dosen dan paper pada FMI 6 kali ini. “Acara ini tidak hanya diikuti oleh dosen manajemen FE UII saja, tapi juga ada 1 orang alumni yang ikut menjadi pemakalah, yakni Faaza Fakhrunnas”, Nursyamsiah menambahkan. Menurutnya, mahasiswa maupun alumni yang mengikuti call for paper dengan membawa nama UII perlu dipertimbangkan untuk difasilitasi di masa yang akan datang untuk meningkatkan kualitas alumni maupun untuk menjaring bibit-bibit calon dosen.

Pada sesi pengumuman penghargaan Best Paper saat Gala Dinner berlangsung, salah satu dosen Manajemen yakni Drs. Achmad Sobirin, MBA., Ph.D. yang mempresentasikan paper berjudul “Kecocokan Strategi Dengan Budaya : Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan” meraih penghargaan tersebut. “Penghargaan ini adalah yang kedua kalinya secara berturut-turut, semoga dapat menjadi inspirasi bagi dosen-dosen lainnya, khususnya dosen manajemen Fakultas Ekonomi UII”, pesan Sobirin setelah menerima penghargaan Best Paper.

Menurut Ketua Prodi. Manajemen, Dr. Drs. Sutrisno, MM., FMI merupakan forum milik dosen-dosen bidang manajemen, sehingga beliau mengajak para dosen manajemen untuk selalu ikut berpartisipasi sebagai pemakalah di forum tersebut pada waktu-waktu yang akan datang. “Saya mengharap di tahun yang akan datang kembali terjadi peningkatan jumlah dosen yang menjadi pemakalah Forum Manajemen Indonesia, targetnya lebih dari 20 orang dosen dapat mempresentasikan hasil penelitiannya pada tahun depan”, tutup Sutrisno.