Pesta 1Sebanyak 5.386 mahasiswa baru UII dengan pakaian putih hitam nampak berbaris rapi di hall Gedung Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII. Para mahasiswa baru UII ini terbagi ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki nama tersendiri. Masing-masing kelompok dibimbing oleh mahasiswa senior yang mengenakan jas almamater UII. Rupanya pada Ahad pagi (23/8), tengah berlangsung kegiatan Pesona Ta’aruf (PESTA) 2015 yang wajib diikuti oleh para mahasiswa baru tersebut. PESTA merupakan aktifitas pengenalan kampus yang bertujuan mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai seluk beluk kehidupan akademik di kampus UII. Kegiatan ini juga membuka wawasan mahasiswa baru bahwa berkuliah di UII tidak sekedar mengejar prestasi akademik semata. Menjadi mahasiswa UII berarti juga menjalankan peran sosial sebagai agen perubahan di masyarakat.

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru UII bahwa mereka merupakan bagian dari anak bangsa yang beruntung dapat mengenyam pendidikan tinggi. “Untuk dapat diterima di kampus perjuangan ini, tentunya Saudara telah melewati proses seleksi dan persaingan yang cukup ketat. Ini bukanlah suatu kebetulan”, tegas Rektor.

Selain itu Rektor juga berpesan bahwa menjadi mahasiswa tidak cukup dengan hanya belajar rajin di bangku perkuliahan. Mahasiswa juga harus aktif dalam berbagai kegiatan positif di luar bangku kuliah untuk mengasah skillnya. “Para alumni UII yang sukses saat ini di berbagai profesi dulunya dikenal sebagai mahasiswa yang sangat aktif di kampus, tidak hanya berdiam diri di dalam kelas”, ujarnya. Rektor berharap agar para panitia dapat memberikan pengalaman yang berkesan kepada mahasiswa baru lewat PESTA kali ini.

Sementara Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) UII, Dimas Panji menyebut bahwa kegiatan PESTA sangat penting untuk mengawali kehidupan akademik yang aktif di kampus selama beberapa tahun ke depan. Untuk memudahkan mahasiswa menemukan kegiatan yang diminatinya, berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di UII siap mengisi dan menyemarakkan PESTA.

Ketua Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) UII, M. Aldi Setiawan juga menyemangati para mahasiswa baru UII bahwa keputusan untuk berkuliah di UII sudah sangat tepat. “Lewat PESTA saya yakin bahwa Saudara akan semakin mantap berkuliah di UII karena kampus ini memiliki rekam jejak yang baik dalam menghasilkan lulusan yang berkontribusi dalam arah perjuangan bangsa”, katanya. Selanjutnya, Rektor bersama Ketua DPM secara simbolis memotong pita yang menandai inisiasi kegiatan tersebut. Pelepasan balon dan burung merpati oleh segenap peserta mengakhiri acara pembukaan PESTA 2015 di kampus UII.

sumber: www.uii.ac.id

Pesta 2