,

Mengulik Layanan Akademik dan Teknologi, Universitas Telkom Kunjungi FBE UII

Selasa (17/01), Universitas Telkom (Tel-U) Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) mengunjungi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) untuk melakukan studi banding ke Divisi Akademik dan Laboratorium pada pukul 10.00 WIB. Diskusi dihadiri oleh Dekan FBE UII, Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., CFrA, CertlPSAS; Wakil Dekan bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni, Drs. Achmad Tohirin, MA., Ph.D; Kepala Divisi bidang Akademik, Sugiyono, A.Md; dan Kepala Divisi bidang Teknologi Informasi, Iksan Pamungkas, S.T. Kemudian perwakilan dari Tel-U dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Akademik FKB Tel-U, Rah Utami Nugrahani, S.Sos., M.A.B., Ph.D; Kepala bidang Layanan Administrasi dan Akademik ,Tatang Hartadi, S.Sy; Kepala Urusan Laboratorium, Afrianto Nur Mulya, S.Sos; dan bagian Layanan Akademik, Hendra Sirait, S.I.Kom.

Acara diawali dengan sambutan terima kasih kepada FKB Tel-U karena telah memercayai FBE UII sebagai tujuan studi banding. “Di FBE terdapat empat program studi, seperti Sarjana Terapan ada Bisnis Digital, Akuntansi Perpajakan, dan Analisis Keuangan. Kemudian untuk S1 ada Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan. Lalu S2 ada Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi. Dan S3 ada Ilmu Ekonomi dan Ilmu Manajemen.” tutur Achmad. 

Masalah yang kerap kali dirasakan oleh Tel-U ialah mengenai layanan yang diberikan kepada mahasiswanya. Hani menanyakan perihal proses pelayanan di FBE UII terhadap mahasiswanya. “Pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa sama dengan apa yang Universitas Telkom lakukan, seperti main source financing berasal dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan Catur Dharma karena kepemilikannya oleh Yayasan Badan Wakaf UII.” ungkap Achmad. Kemudian Sugiyono menambahkan “Untuk pelayanan tugas akhir, mahasiswa sudah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi, dimana sudah mencakup dari pendaftaran, pemilihan dosen pembimbing, jadwal dan nilai ujian.” 

“Jika dari sisi teknologi, FBE mendapatkan layanan yang dikelola oleh Universitas berupa koneksi internet, UII sudah bergabung dengan eduroam dan terdaftar nomor dua dari atas untuk konektivitas sivitas akademik.” jelas Iksan. Badan Sistem Informasi (BSI) mengadopsi sistem yang digunakan pada perusahaan startup. “Rumahnya disebut dengan UII gateway, untuk penggunanya mulai dari Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Orang Tua, hingga Eksternal contohnya pembimbing taklim.” tambah Iksan.

“Salah satu aplikasi terbesar kami adalah UII RAS, dimana sistemnya seperti berbelanja di e-commerce. Mahasiswa difasilitasi untuk memilih waktu serta hari mata kuliah yang diinginkan.” ujar Iksan. Selain itu, terdapat pula UII Print yang dapat dimanfaatkan  dosen dan mahasiswa dengan menggunakan saldo yang dimiliki. (PIO/NAH)