,

Pertahankan Silaturahmi, Alumni MAKSI FBE UII Gelar Reuni Virtual

Munculnya pandemi Covid-19 bukan berarti akan menghentikan segala aktivitas sosial yang ada. Sama seperti di waktu sebelumnya, Universitas Islam Indonesia (UII) telah menggelar halal bi halal virtual. Pada kesempatan ini, salah satu Program Magister UII juga menggelar acara reuni yang bertepatan dengan waktu Syawal. Di tengah kondisi yang tidak pasti seperti ini, tentunya silaturahmi antar sesama alumni tetap harus terjalin. Hal tersebut ditandai dengan diselenggarakannya reuni Alumni Magister Akuntansi (MAKSI) Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII yang bertajuk “Merajut Silaturahmi Bersama Alumni Maksi UII” (20/06).

Maksi FBE UII merupakan sebuah Program Magister (S2) Akuntansi Universitas Islam Indonesia. Program MAKSI FBE UII merancang kurikulum pembelajarannya berbasis teknologi informasi dengan menanamkan nilai-nilai islam di dalamnya, sehingga mampu memberikan ciri dan keahlian khusus bagi lulusan MAKSI FBE UII. Program ikatan alumni MAKSI FBE UII diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, baik dari sisi keilmuan, sumber daya manusia, maupun  pengembangan organisasi. 

Dalam halal bi halal virtual ini dihadiri oleh para alumni dari angkatan ke-1 hingga ke-13 MAKSI UII. Pada ajang silaturahmi ini juga diharapkan para alumni untu terus terhubung atau terkoneksi satu sama lain. “Para alumni MAKSI UII diharapkan untuk saling sharing satu sama lain agar dapat berbagi pengalaman antar alumni yang satu dengan yang lainnya dan menghasilkan kolaborasi masukan, kritikan, atau saran demi kemajuan Universitas Islam Indonesia kedepannya,” ujar Hersona Bangun, ketua Ikatan Keluarga Alumni Prodi Magister Akuntansi UII 2019-2024.

Tidak hanya itu, Ketua Jurusan Akuntansi FBE UII, Johan Arifin, SE., M.Si., Ph. D. juga mengusulkan bahwa beliau ingin memberdayakan alumni untuk mengantisipasi program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Hal ini dapat diartikan bahwa pada kurikulum S1 akan ada tiga semester yang mana mahasiswa dibebaskan untuk belajar di luar, baik di perguruan tinggi lain atau magang yang diberlakukan sistem SKS (Satuan Kredit Semester) serta diberi penilaian. Beliau menambahkan bahwa FBE UII juga harus banyak mencari  kerjasama dengan entitas bisnis konsultan atau yang lainnya. 

Selain berbagi pengalaman antar alumni, pertemuan ini tidak luput dari pembahasan mengenai rencana struktur pengurus Ikatan Alumni Prodi Magister Akuntansi UII yang mempunyai beberapa bidang yaitu Bidang Profesi (Pajak, Audit Forensik, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Syariah), Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bidang Anggota dan Organisasi, Bidang Hubungan Luar Negeri, Bidang Humas Kelembagaan dan Kerjasama, Bidang Sosial dan Dakwah yang mana diharapkan para alumni dapat berkontribusi lebih banyak meliputi program magang, mengajar sebagai praktisi, atau berbagai progam lainnya.

Ketua Program Studi Magister Akuntansi UII, Dekar Urumsah, SE., S.Si. M.Com(IS)., Ph.D., CFrA, mengatakan bahwa FBE UII membutuhkan peran para alumni untuk mengajar beberapa mata kuliah dari sisi praktis khususnya perpajakan, karena banyak alumni yang sangat berpengalaman. (AAR/AAM)