2015.3.22.pbt UIIJumlah pendaftar seleksi penerimaan mahasiswa baru UII, pada jalur seleksi Paper Based Test (PBT) Reguler III TA 2015/2016 menunjukkan peningkatan signifikan dari pelaksanaan gelombang yang sama di tahun akademik sebelumnya. Tercatat kenaikan jumlah pendaftar mencapai 29,84 %. Seperti disampaikan Direktur Direktorat Akademik UII Arief Rahman, SE, M.Com, Ph.D. saat pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Baru jalur Paper Based Test (PBT) Reguler III TA 2015/2016 di Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang Km. 14,5, Minggu (22/3).

Arief Rahman melanjutkan, pada pelaksanaan seleksi PBT Reguler III TA 2015/2016 masih didominasi oleh pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter. Seperti diketahui, selain melalui  jalur seleksi Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), pendaftar pada Program Studi Pendidikan Dokter UII hanya dapat ditempuh melalui jalur seleksi PBT. Berbeda dengan program studi lain yang ditawarkan oleh UII, dimana proses seleksi bisa melalui jalur seleksi Computer-Based Test (CBT) yang pelaksanaannya dilakukan 6 hari dalam satu minggunya. Terlebih model jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UII jalur CBT juga bisa diikuti di lebih dari 20 titik di berbagai provinsi di Indonesia.

Kenaikan pendaftar mahasiswa baru UII juga terlihat pada jumlah pendaftar jalur seleksi lainnya. Dilaporkan, total pendaftar dari seluruh jalur seleksi mahasiswa baru TA 2015/2016 hingga gelombang ke III adalah mencapai 7.815, jumlah tersebut meningkat sebanyak 21,77% dari gelombang yang sama di tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah pendaftar jalur PBT pada gelombang ke III sendiri diluar dugaan karena pada bulan Maret dan April adalah saat di mana para siswa SMA sedang sibuk mempersiapkan Ujian Nasional. Namun demikian, pada pelaksanaan seleksi gelombang ke III ini berjalan lancar tanpa adanya masalah yang menghambat bahkan jumlah pendaftar meningkan secara signifikan. “Di luar dugaan kami, kami mengantisipasi bahwa di Periode III akan menurun biasanya, tapi ternyata meningkat”. Ujar Arief Rahman.

Arief Rahman menambahkan, saat ini adalah masa-masa verifikasi dokumen, para pendaftar periode sebelumnya yang berjumlah sekitar 900 calon mahasiswa yang telah melakukan registrasi diharapkan dapat datang langsung ke Kampus UII untuk melakukan verifikasi dokumen sampai batas waktu yang ditentukan yaitu minggu depan dengan menyerahkan fotocopy dokumen lengkap, foto serta melakukan sidik jari. “Ketika verifikasi dokumen,  seluruh mahasiswa baru juga akan sekaligus memperolah Jas Almamater, Al-Qur’an, dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).” Papar Arief Rahman.

Pada pelaksanaan seleksi PBT Reguler III ini, Wakil Rektor III UII Bidang Kemahasiswaan, Dr. Abdul Jamil, S.H.,M.H., berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan ujian. Dr. Jamil menyampaikan apresiasinya kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) terutama Tim Promosi yang telah melakukan berbagai kegiatan dan juga promosi yang gencar sehingga walaupun saat ini para siswa SMA sedang sibuk mempersiapkan Ujian Nasional (UN) namun pendaftar UII dapat terus meningkat.

“Ini bisa jadi adalah pertanda kebaikan bagi UII. Biasanya di gelombang 3 menurun tapi untuk kali ini justru naik. Alhamdulillah untuk PBT pada gelombang ini ada kenaikan. Terima kasih karena telah melakukan promo dengan gencar, dan kegiatan-kegiatan civitas akdemika UII lainnya, sehingga ada kenaikan yang signifikan.” Jelas Dr. Jamil.