Blank NewsPanitia seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UII kembali membuka pendaftaran untuk tahun akademik 2016/2017. Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, terdapat tiga pola seleksi yang dapat dipilih oleh para pendaftar yakni Computer Based Test (CBT),Paper Based Test (PBT) serta Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB).

Adapun jumlah keseluruhan Program Studi (Prodi) yang ditawarkan pada seleksi tahun ini berjumlah 33 Prodi, dengan rincian 29 Prodi pada jenjang S1 dan 4 Prodi lainnya pada jenjang D3. Khusus untuk Prodi S1 Pendidikan Dokter pelaksanaan pola seleksi hanya melalui jalur PBT dan PSB.

Seiring peningkatan kualitas akademik yang berkelanjutan, animo pendaftar seleksi PMB UII pun terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut tampak dari meningkatnya jumlah pendaftar di setiap model seleksi yang ditawarkan. Pada penyelenggaraan model seleksi PBT UII gelombang I tahun ini menunjukkan peningkatan jumlah pendaftar yang signifikan dibanding dengan pelaksanaan tahun akademik sebelumya.

Disampaikan Rektor UII,  Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. saat meninjau langsung pelaksanaan seleksi PMB UII jalur PBT gelombang I, di Gedung M. Natsir Kampus UII, Minggu (17/1), pendaftar jalur PBT UII tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan, dari sebelumnya di bawah 800 pendaftar saat ini lebih dari 1.100 pendaftar. Tingginya animo pendaftar menurut Dr. Harsoyo juga tampak pada jumlah pendaftar pola seleksi CBT yang mana sampai hari Jumat (15/1), jumlahnya telah lebih 2000 pendaftar sejak dibuka pada pertengahan Desember 2015.

Sementara disampaikan Ketua PMB UII, Arief Rahman, PhD., pada pelaksanaan seleksi PBT saat ini terdapat penambahan soal asesmen diri bagi pendaftar Prodi Psikologi. Hal tersebut dimaksudkan agar diperoleh informasi yang lebih mendalam tentang kondisi psikologis calon mahasiswa. Adapun pelaksanaan ujian seleksi jalur PBT UII tahun ini dijadwalkan akan dilaksanakan 4 kali, yakni pada bulan  17 Januari, 24 April, 12 Juni dan 24 Juli.

 Sumber : www.uii.ac.id